Penguasaan Struktur Kalimat dengan Keterampilan Menulis Eksposisi
DOI:
https://doi.org/10.31539/9ncg8942Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur kalimat dengan keterampilan menulis eksposisi siswa SMKN 2 Kecamatan Guguak. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh sebagai berikut. Pertama, rata-rata pengguasaan struktur kalimat siswa kelas X MPLB 1 yaitu 82 yang berada pada rentangan 76%-85% dengan kualifikasi baik. Kedua, rata-rata keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X MPLB 1 yaitu 87 yang berada pada rentangan kulifikasi baik sekali. Ketiga, Hasil dari pengkorelasian kedua variabel, diperoleh r hitung sebesar 0,43 dan t hitung sebesar 2,52. Keempat, terdapat hubungan yang signifikan antara pengguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis eksposisi yaitu pada taraf 0,05 dengan derajat kebebasan n-2 (30-2=28). Kelima, jadi kesimpulannya pengguasaan struktur kalimat berkontribusi terhadap keterampilan menulis eksposisi sebesar 18,49% dengan kualifikasi cukup.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Struktut Kalimat, Teks Eksposisi
References
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). Https://Doi.Org/10.14710/Gk.2022.16430
Bahri, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks, 3(2), 93–102.
Haningrum, A. A., Yarmi, G., & Juhana. (2022). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V Sdn Wilayah Binaan I Makasar, Jakarta Timur. ELSE (Elementary School Education Journal), 6(3), 141–153.
Hasibuan, A. (2018). Korelasi Penguasaan Struktur Kalimat Dengan Keterampilan Menyusun Kalimat Efektif Siswa Kelas Viii Sltp Karya Bhakti Medan Tahun Pembelajaran2017 - 201. 3(1), 297–304.
Hindom, H. (2023). Perbedaan Struktur Bahasa Indonesia Dengan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia Dialek Papua: Kajian Linguistik Komparatif. Bapala, 10(4), 256–268.
Irsan, A., & Akhir, M. (2021). Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Murid Kelas V. 04, 270–275.
Kusmiarti, R., Rusmawati, A., Heryanti, J., & Eloudia, R. (2023). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 7(1), 48–64. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V7i1.6313
Maulana, I. (2016). Struktur Dan Ragam Kalimat Pada Tuturan Dwibahasawan Siswa SMK Mutiara Cendikia. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2(1), 61–75. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V2i1.38
Muttaqillah, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melaui Kegiatan Menulis Berita Siswa Kelas X MA Pembangunan UIN Jakarta. Pena Literasi, 2(1), 18. Https://Doi.Org/10.24853/Pl.2.1.18-29
Nopriani, H., & Pebrianti, I. T. (2020). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Melalui Penggunaan Bahan Ajar Hasil Pengembangan. Jurnal Didaktika, 5305(1), 92–97.
Nuraeni, E., & Suhara, A. M. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Berbantuan Media Visual Di SMA Kartika XIX-4 Cimahi. 3, 13–20.
Nursetiyarini, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melalui Model Menulis Berbasis Genre. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 7(3), 57–67.
Putri, N. A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11–21. Https://Doi.Org/10.46244/Metamorfosa.V10i1.1730
Riya Anggraini, T., Alfiawati, R., &PGRI Bandar Lampung, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswakelas Viii Smp Negeri 4 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung, 4(2). Http://Eskrispi.Stkippgribl.Ac.Id/
Ruslanudin, L. (2023). Recount Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah. 1(1).
Semaraputri, K. F., Tantri, A. A. S., &Indriani, M. S. (2024). Struktur Dan Kebahasaan Konten Kanal Clarin Hayes Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Teks Eksposisi. 14, 287–296.
Simanjuntak, H., Saragih, A. F., & ... (2023). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMP Negeri 14 Medan. Innovative: Journal Of …, 3, 480–490. Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/352%0Ahttps://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/Download/352/316
Wibowo, B. E., Sukardi, &Purnomo. (2017). Hubungan Penguasaan Struktur Kalimat Dan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Narasi. Joyful Learning Journal, 6(2), 83–91.
Yodeska, Y. K., &Nursaid, N. (2020). Struktur Kalimat Dan Diksi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 517. Https://Doi.Org/10.24036/108242-019883
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendrisman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.