DIGITALISASI ADMINISTRASI SISWA MENGGUNAKAN ODOO ERP DI LKP CENDEKIA DWI PUTRA

Authors

  • Fayyaza Alyaa Shaquila Universitas AKI Semarang
  • Yusup Yusup Universitas AKI Semarang
  • Sinta Tridian Galih Universitas AKI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/1cpykq46

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong lembaga pendidikan beradaptasi melalui digitalisasi administrasi untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan data. Di LKP Cendekia Dwi Putra, proses administrasi sebelumnya masih dilakukan secara manual, dengan absensi dan nilai dicatat dalam satu buku fisik serta jurnal mengajar pada dokumen terpisah, sehingga berisiko kehilangan data, kesalahan pencatatan, dan keterlambatan akses informasi. Penelitian ini mengimplementasikan Odoo ERP sebagai solusi digitalisasi administrasi siswa, mencakup pencatatan absensi, pengelolaan penilaian, dan dokumentasi jurnal mengajar. Perancangan sistem menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan Unified Modeling Language (UML), sedangkan modul Employees, Attendance, dan Documents dikustomisasi sesuai kebutuhan. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi, akurasi, serta integrasi antarmodul, sehingga Odoo ERP terbukti efektif mendukung transformasi digital administrasi pendidikan di LKP Cendekia Dwi Putra.

 Kata Kunci: Digitalisasi Administrasi, Odoo ERP, LKP Cendekia Dwi Putra.

 


References

Indrayani, N. L. A. (2022). Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. CRANE: Civil Engineering Research Journal, 3(2), 11–16.

Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262.

Putra, R. I., Prathama, M. F., & Prayitno, B. (2024). Buku Referensi Analisis dan Perancangan Sistem Berorientasi Objek (Issue March).

Wenardi, E. K., Wijayanti, A. A., Hajar, D., Studi, P., Niaga, L., & Nusantara, P. M. (2025). Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Odoo untuk Optimalisasi Pencatatan Transaksi pada Swalayan Ani Mart. 1(1).

Downloads

Published

2025-09-27