IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN WEBSITE PROFIL DEPARTEMEN TEKNIK KOMPUTER

Authors

  • Fathia Fidiniari Universitas Stikubank Semarang
  • Eri Zuliarso Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/j0chdm90

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan Metode Design Thinking dalam pengembangan website profil Departemen Teknik Komputer untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan aksesibilitas. Studi ini menjawab tantangan pembuatan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan bagi pemangku kepentingan akademik. Dengan pendekatan mixed-method, penelitian mengikuti lima tahap design thinking: empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 15 stakeholder, pengujian usability, dan evaluasi System Usability Scale (SUS) melibatkan 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam usability dengan skor SUS rata-rata 78,4 (kategori "baik"), membuktikan keberhasilan penerapan prinsip user-centered design. Temuan ini menegaskan efektivitas design thinking dalam menyelesaikan masalah kompleks antarmuka di lingkungan akademik. Penelitian berkontribusi secara teoretis dengan memperkaya literatur tentang design thinking dalam pengembangan website pendidikan, serta secara praktis dengan menyediakan kerangka kerja yang dapat diadopsi institusi serupa. Rekomendasi mencakup pengujian iteratif dan pelibatan stakeholder untuk solusi digital berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Design Thinking, pengembangan website, usability, profil akademik, desain berpusat pengguna

References

Agustin, R., Setiawan, D., & Pratiwi, I. (2021). Website institusi pendidikan: Teori dan implementasi. Penerbit Akademia.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2023). An empirical evaluation of the System Usability Scale. International Journal of Human-Computer Interaction, 34(7), 574-594. https://doi.org/10.1080/10447318.2022.2157256

Brown, T. (2021). Design thinking in practice: A guide for educators and practitioners. IDEO Press.

Dharmawan, A., Santoso, H. B., & Prabowo, M. A. (2023). Penerapan design thinking dalam pengembangan sistem informasi. Jurnal Teknologi Informasi, 15(2), 45-62.

EduData. (2023). Survey perilaku calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. Laporan Tahunan EduData Indonesia.

Lim, S., & Setiyawati, D. (2022). Peran teknologi informasi dalam transformasi pendidikan tinggi. Journal of Educational Technology, 11(3), 112-128.

MIT. (2022). Best practices in academic website design. MIT Digital Learning Publications.

Mushlihudin, M., Rahman, T., & Kurniawan, D. (2019). Analisis kebutuhan pengguna website sekolah menengah. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 23-37.

Norman, D. (2022). The design of everyday things: Revised and expanded edition. Basic Books.

Rasidi, W., & Ramadhan, F. (2023). Implementasi design thinking untuk website perusahaan. Journal of Digital Business, 7(2), 89-104.

Sauro, J. (2023). Measuring usability with the System Usability Scale (SUS): A practitioner's guide. MeasuringU Press.

Stanford d.school. (2023). Design thinking process guide. https://dschool.stanford.edu/resources

StatCounter. (2023). Global stats: Device market share. https://gs.statcounter.com

Sulistianingsih, E., & Yusuf, M. (2023). Website sebagai media komunikasi institusi pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 56-72.

UX Edu. (2023). User experience benchmark for education websites. UX Education Research Center.

WebRank. (2023). Academic website ranking criteria 2023 edition. WebRank Publications.

WebConsortium. (2023). Comparative study of university websites. WebConsortium International Report.

Downloads

Published

2025-09-27