IMPLEMENTASI CHATBOT TELEGRAM UNTUK REKOMENDASI FILM INDONESIA MENGGUNAKAN DIALOGFLOW DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING

Authors

  • Angelia Hana Arsita Universitas Stikubank Semarang
  • Sri Eniyati Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/adfvje22

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi telah mendorong penggunaan chatbot sebagai alat interaktif di berbagai sektor, termasuk dalam dunia hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan chatbot pada platform Telegram yang dapat memberikan rekomendasi film Indonesia secara otomatis dengan memanfaatkan Dialogflow dan metode Natural Language Processing (NLP). Chatbot ini dirancang untuk memahami pertanyaan pengguna dalam bahasa sehari-hari dan memberikan jawaban berupa judul film Indonesia yang relevan berdasarkan genre, tahun rilis, atau preferensi lainnya. Metodologi yang digunakan meliputi perancangan skenario dialog, pengembangan intent dan entity di Dialogflow, serta pengintegrasian chatbot dengan aplikasi Telegram. Sistem diuji dengan metode black box untuk memastikan bahwa fungsionalitasnya berjalan sesuai dengan kebutuhan, dan evaluasi usabillity dilakukan dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasil dari implementasi menunjukkan bahwa chatbot dapat merespon input pengguna dengan tepat dan memberikan rekomendasi film yang sesuai dengan preferensi yang diajukan. Berdasarkan hasil pengujian SUS, chatbot mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84 yang termasuk dalam kategori "baik. " Oleh karena itu, sistem chatbot ini dianggap efektif dalam membantu pengguna menemukan film Indonesia yang sesuai, serta memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan fitur-fitur yang lebih canggih.

Kata Kunci: Chatbot, Telegram, Rekomendasi Film, Dialogflow, Natural Language Processing

References

[1] Apriansyah, A., Fithriansyah, H., & Rahadian, T. Eksistensi surat kabar media Indonesia di era digital. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol. 8, No. 1, pp. 74-81, 2023, doi: 10.47313/pjsh.v8i1.2351

[2] Erlina, E., Julyanto, J., Rustandi, J., Alexander, A., Francisco, L., Ma'muriyah, N. M., & Sabariman, S. Penerapan artificial intelligence pada aplikasi chatbot sebagai sistem pelayanan dan informasi online pada sekolah. Journal of Information System and Technology (JOINT), Vol. 4, No. 3, pp. 221-230, 2023, doi: 10.37253/joint.v4i3.6296.

[3] Suparman, A. Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Sistem Informasi untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi E-Commerce. Journal of Mandalika Literature, Vol.6, No. 1, pp. 402-409, 2025 doi: 10.36312/jml.v6i1.3939.

[4] Mulyatun, S., Utama, H., & Mustopa, A. Pendekatan Natural Language Processing Pada Aplikasi Chatbot Sebagai Alat Bantu Customer Service. Journal of Information System Management (JOISM), Vol. 2, No. 2, pp. 12-17, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i1.404.

[5] Sintowoko, D. A. W. Industri Film: Pemetaan Strategi Percepatan Ekonomi Kreatif Nasional Menuju Indonesia Maju 2040. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, Vol. 15, No. 1, pp. 59-70, 2023, doi: 10.33153/brikolase.v15i1.4989.

[6] Mudita, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pemasaran Digital. DIVA PRESS,

[7] Haryanto, I. D., & Saefurrahman, S. Implementasi Chatbot Kesehatan Kucing Melalui Dialogflow dan Telegram untuk Pemberian Informasi Penyakit dan Perawatan. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, Vol. 5, No. 4, pp. 365-376, 2024, doi: 10.35746/jtim.v5i4.484

[8] Khotama, F. W., & Yulianton, H. Implementasi Chatbot Berbasis Dialogflow dengan Metode Natural Language Processing untuk Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Kulonprogo. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), Vol. 1, No. 1, pp. 367-378, 2025

[9] Nadzif, M. A., & Soelistijadi, R. Penggunaan teknologi natural language processing dalam sistem chatbot untuk peningkatan layanan informasi administrasi publik. The Indonesian Journal of Computer Science, Vol. 13, No. 1, pp. 1227-1242, 2024, doi: 10.33022/ijcs.v13i1.3645.

[10] Nugroho, D. A. M., & Wibowo, J. S. Penerapan Chatbot Pada Kerusakan Sepeda Motor Injeksi Dengan Basis Dialogflow dengan Telegram. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), Vol. 9, No. 2, pp. 856-867, 2024, doi: 10.30645/jurasik.v9i2.817

[11] Rahardika, A. F., & Winarno, E. Pengembangan chatbot berbasis Dialogflow dengan metode natural language processing untuk menyediakan informasi mengenai stunting melalui platform Telegram. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), Vol. 9, No. 1, pp. 257-268, 2024, doi: 10.30645/jurasik.v9i1.732

[12] Syahrani, G., Sevira, S., & Yusuf, A. Y. P. Rancangan Chatbot Rekomendasi Coffee Shop Jabodetabek dengan Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing. SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, Vol. 7, No. 1, pp. 74-84, 2024, doi: 10.36080/skanika.v7i1.3139.

[13] Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2021). Pengujian blackbox sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT Inka (persero) berbasis equivalence partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 1, pp. 22-26, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.

Downloads

Published

2025-09-29