ANALISIS SENTIMEN BERDASARKAN ULASAN GOOGLE PLAY STORE PADA APLIKASI DANA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
DOI:
https://doi.org/10.31539/jyssxh48Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen dari ulasan pengguna terhadap alikasi DANA yang diperoleh dari Google Play Store menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Data dikumpulkan melalui teknik web crawling dan diproses melalui tahapan preprocessing seperti case folding, tokenisasi, filtering, stopword removal, dan stemming. Ulasan kemudian dikonversi menjadi representasi numerik menggunakan metode TF-IDF dan diklasifikasikan ke dalam dua kategori sentimen: positif dan negatif. Evaluasi model dilakukan menggunakan metrik accuracy, precision, recall, dan F1-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SVM memberikan performa klasifikasi yang tinggi dengan nilai accuracy sebesar 88,5%, precision 90,2%, recall 95,1%, dan F1-score 92,5%. Visualisasi hasil dilakukan melalui hitogram distribusi sentimen dan WordCloud untuk menampilkan kata-kata dominan. Penelitian ini memberikan wawasan terhadap persepsi pengguna serta dapat dijadikan dasar pengembangan layanan aplikasi DANA.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, DANA, Support Vector Machine, TF-IDF, Ulasan Pengguna.
References
[1] T. Sugihartono, R. Rian, and C. Putra, “Penerapan Metode Support Vector Machine dalam Classifikasi Ulasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN,” vol. 7, no. 2, pp. 144–153, 2024.
[2] Harenanda Alfigo, “ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI DANA PADA ULASAN GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN METODE K-FOLD CROSS VALIDATION DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM),” 2023.
[3] B. Filemon, ) Viny, C. Mawardi, ) Novario, and J. Perdana, “Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi PENGGUNAAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK KLASIFIKASI SENTIMEN E-WALLET.”
[4] A. B. Muzayyanah, R. E. Pawening, and Z. Arifin, “ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN APLIKASI EHADRAH DI GOOGLE PLAYSTORE MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE,” 2024. [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/indexAyuBasirotulMuzayyanah|http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index|
[5] C. M. Putri, M. Afdal, R. Novita, and M. Mustakim, “Perbandingan Evaluasi Kernel Support Vector Machine dalam Analisis Sentimen Chatbot AI pada Ulasan Google Play Store,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 7, no. 3, pp. 1236–1245, Jul. 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i3.41354.
[6] R. AL Anshari et al., “MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE 1) INFO ARTIKEL ABSTRAK,” vol. 2, no. 3, pp. 118–128, 2023, doi: 10.55123.
[7] M. R. Nadhif, D. Wisnu Brata, and B. Rahayudi, “Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi TIX ID di Indonesia pada Google Play Store menggunakan Support Vector Machine,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[8] W. E. Saputro, H. Yuana, and W. D. Puspitasari, “ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA DOMPET DIGITAL DANA PADA KOLOM KOMENTAR GOOGLE PLAY STORE DENGAN METODE KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE,” 2023.
[9] A. Athallah Muhammad et al., “ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI DANA BERDASARKAN ULASAN PADA GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE Prodi S1 Informatika / Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta”.
[10] G. G. Warow and H. Pandia, “Analisis Sentimen Aplikasi Dana Menggunakan Naïve Bayes Classifier dan Support Vector Machine”.
[11] S. Nadhifah, F. N. Aini, H. H. Kusumawardhani, and M. Y. Febrianto, “Analisis Sentiment Ulasan Aplikasi Gopay Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” vol. 14, no. 1, 2024.
[12] A. Zaiem Praghakusma and N. Charibaldi, “Komparasi Fungsi Kernel Metode Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen Instagram dan Twitter (Studi Kasus : Komisi Pemberantasan Korupsi),” vol. 9, no. 2, pp. 33–42, 2021, doi: 10.12928/jstie.v8i3.xxx.
[13] M. Resa et al., “PERBANDINGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE DENGAN METODE LEXICON DALAM ANALISIS SENTIMEN BAHASA INDONESIA,” Jurnal Teknologi Informasi), vol. 6, no. 1, [Online]. Available: https://github.com/fajri91/InSet.
[14] Supian Acuan, Revaldo Bagus Tri, Marhadi Nanda, Rahmaddeni, and Efrizoni Lusiana, “Penerapan SVM dan Word2Vec untuk Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi DANA,” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 23, no. 3, Sep. 2024, doi: 10.32409/jikstik.23.3.3642.
[15] A. Nurian and B. Nurina Sari, “ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, pp. 2830–7062, doi: 10.23960/jitet.v11i3%20s1.3348.
[16] Sudrajat Muhammad Riky, Atika Prima Dina, and Herlawati, “Implementasi Support Vector Machine (SVM) dan Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Aplikasi KAI Access,” Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilyasa Garuda Putra Alva, Eri Zuliarso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.