Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT. XYZ

Authors

  • Putri Indrawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yanuar Pandu Negoro Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hidayat Hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i3.15734

Abstract

Memastikan produk tetap berkualitas serta harga yang kompetitif sangat vital bagi perusahaan untuk tetap bersaing dan menguasai pasar demi mencapai kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: dampak Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di PT. XYZ, dampak Harga terhadap Kepuasan Konsumen di PT. XYZ, dan dampak Kualitas Produk dan Harga secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen PT.XYZ. Mengunakan metodologi kuantitatif untuk penelitian yang dilaksanakan. Total sampel responden adalah 30 sampel, sampel diperoleh dari beberapa pelanggan PT.XYZ yang dimasukkan untuk penelitian ini. Untuk data yang dikumpulkan dengan membuat kuesioner. Melakukan evaluasi data studi melalui teknik Regresi Linear Sederhana serta Regresi Linear Ganda. Temuan yang didapatkan, kontribusi Kualitas Produk mencapai 15,6% terhadap tingkat kepuasan pelanggan, sementara pengaruh Harga berkontribusi sebesar 21,4% terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, kombinasi pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan mencapai angka 31,2%. Hasil studi yang telah dilakukan mengindikasikan adanya dampak signifikan dari Kualitas Produk dan Harga terhadap tingkat Kepuasan Konsumen di PT.XYZ.

 

Kata Kunci:Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

References

Anjani, R. F., & Siregar, S. (2021). Pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk multivitamin enervon-c pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 396-412.

Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariska, N., Wijaksana, T. I., & Universitas Telkom. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang (Studi pada konsumen Bakso Boedjangan cabang Burangrang Bandung). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(3), 2909–2915.

Ayunani, N. A., Varadina, Y., & Octavia, A. N. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Solusi, 21(3).

Chrisjunian, C., Gultom, R., & Lubis, T. W. H. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian Indomie pada konsumen Maximart Thamrin Plaza Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 33–43.

Darmawan, M. F., & Pasaribu, V. L. D. (2024). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Kedai Kopi Melati Ciputat. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 5(2), 1106–1117

Debby. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Setia Alam Berjaya (Skripsi, Universitas Buddhi Dharma, Tangerang).

Budi, A. D. A. S., Septiana, L., & Mahendra, B. E. P. (2024). Memahami Asumsi Klasik dalam Analisis Statistik: Sebuah Kajian Mendalam tentang Multikolinearitas, Heterokedastisitas, dan Autokorelasi dalam Penelitian. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(01), 01-11.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176-188.

Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap kemampuan manajerial pada pedagang pakaian pasar pusat pasar kota medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1-10.

Gatama, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Trimitra Bangun Selaras (Skripsi, Universitas Buddhi Dharma, Tangerang).

Giyartiningrum, D., & Sanusing, R. (2023). Pengaruh harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 45–58.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika: Buku 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Oktaviani, F., Ristanti, V., & Igo, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. REYCOM PRINTING SOLUSI JAKARTA. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN PEMASARAN, 2(1), 31-41.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Lase, A. Y. P. (2020). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Asus Service Center Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 1(6), 193-199.

Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64.

Megawati, M., Ernawati, S., & Muhajirin, M. (2024). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TENUN DI UKM DINA. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 1(3), 35-46.

Oktaviani, F., Ristanti, V., & Igo, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. REYCOM PRINTING SOLUSI JAKARTA. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN PEMASARAN, 2(1), 31-41.

Paradis, W. S., Hidayat, Z., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse, Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Widya Gama Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(4), 171-266.

Prahadi, U. Y., & Panjaitan, T. W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Canting Restoran Hotel Pacific Caesar Surabaya. Jakadara: Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora, 3(1).

Pratiwi, D. A. (2020). Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar dengan Persaingan Tinggi. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45–53.

Rahmawati, I., & Nur, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen: Studi pada UMKM di Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 10(2), 101–110.

Rini, E. P., Purwati, S., & Marliah, S. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie dengan Promosi sebagai Variabel Moderating (Studi pada Wilayah Kampung Baru RW 03 Kelurahan Sukabumi Selatan Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Almatama, 1(2), 121-131.

Putri, S. I., Ainurrohmah, S., Riono, S. B., & Syaifulloh, M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Indomie Terhadap Keputusan Pembelian Di Warmindo Jayaberkah. CiDEA Journal, 2(2), 139-159.

Santoso, S. (2017). Menguasai statistik dengan SPSS 24. Elex Media Komputindo.

Siregar, S. D., & Suliantoro, H. (2019). Meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan wifi id dengan metode service quality (studi kasus pt telkom indonesia regional 1 sumatera). Industrial Engineering Online Journal, 7(4).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh harga produk, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk smartphone samsung di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 919-928.

Suparno, S., & Hermiati, N. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pelita Ilmu, 15(1), 36-41.

Sutrisno. (2020). Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan transportasi online Gojek (Studi pada mahasiswa di STIE Malangkucecwara) (Skripsi Sarjana, STIE Malangkucecwara). http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/934

Yuliana, R. (2022). Dominasi Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Tengah Persaingan Harga. Jurnal Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 8(3), 75–84.

Downloads

Published

2025-06-29