ANALISIS PELAYANAN PURNA JUAL RUMAH DI PERUMAHAN GLASS HOUSE KARAWANG

Authors

  • Mohammad Irfan Septiawan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus MD Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.7563

Keywords:

Pelayanan Purna Jual

Abstract

Jumlah orang Indonesia yang mencari perumahan semakin meningkat. Berbagai penawaran dari keunggulan setiap developer menjadi daya tarik bagi konsumen, salah satunya yakni dengan pelayanan purna jual. PT Gala Huma merupakan salah satu developer yang memiliki kesadaran dalam berkompetetif dengan pesaingnya, salah satu upayanya yakni melalui pelayanan purna jual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan purna jual perumahan Glass House Karawang. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, ditunjang melalui  studi  lapangan, instrument penelitian kuesioner wawancara dan studi pustaka  untuk mendapatkan data primer serta sekunder. Total sampling merupakan teknik pengambilan  sampel  yakni sebanyak 4 responden. Peneliti menganalisis secara deskriptif dengan penggunaan alat bantu wawancara secara langsung. Garansi merupakan nilai utama untuk menarik konsumen agar memiliki rumah impian dan menjadi trand positif bagi keseluruhan perumahan lainnya. Aksesoris juga merupakan suatu kelengkapan dari terjadinya kesalahan pemasangan kemudian akan diganti secepatnya. Pemeliharan dan perbaikan adalah salah satu tanggung jawab konsumen dan tukang di rumahnya masing-masing agar selalu terjaga dengan baik dan jika ada kerusakan maka segera perbaikan. Fasilitas dan perlengkapan jadi satu yang pasti harus ada karena nilai tambahnya di rumah dan warga sekitar agar bisa memanfaatkan fasilitas umum dengan taman bermain, kumpul warga, olahraga dan masjid.

References

Afriza, E. F. (2019). Analisis Kualitas Produk dan Layanan Purnajual Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Honda All New Vario 125 Melalui Citra Merek Sebagai Mediator. MBIA, Vol.18, No1, 37-48. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia/article/view/320/146

Kotler P, Armstrong, G.(2016). Prinsip-prinsip Pemasaran(Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Lase, A. Y. P. (2020). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Asus Service Center Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal (SMS), 1(6), 193-199.

Yusup, M., & Sutopo, S. (2011). Analisis pengaruh promosi, harga, kualitas produk dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang). (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Sabun Pembersih Wajah Garnier (Studi pada Konsumen di Kota Surabaya). NUSANTARA Jurnal Ilmu Pengetahuan.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Yogyakarta: Alfabeta.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Yogyakarta: Alfabeta.

Suhaya, S. (2020). Antiseden Keputusan Pembelian Konsumen Tisu Merek Alfamart. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 91-100. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i1.119

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2025-05-06