PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI, KUALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TIKET EVENT NORAEBANG K-Pop DI JAKARTA (Studi Kasus: Event Organizer XYZ)

Authors

  • Lucia Rainy Betari Universitas Bakrie
  • Muchsin Saggaff Shihab Universitas Bakrie

DOI:

https://doi.org/10.31539/m1yvhp16

Keywords:

Persepsi Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pelanggan untuk membeli tiket acara K-pop noraebang di Jakarta. Ketiga variabel ini diakui sebagai komponen kunci dalam proses pengambilan keputusan konsumen. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan alat smartPLS-SEM 4.0, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada anggota komunitas EO XYZ yang sebelumnya pernah menghadiri acara serupa. Analisis menunjukkan bahwa persepsi harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, baik lokasi maupun kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan, dengan kualitas layanan memiliki dampak yang paling besar. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi penyelenggara acara, menyoroti pentingnya memprioritaskan kualitas layanan dan pemilihan lokasi untuk meningkatkan niat pembelian ulang konsumen.

References

Agus, dk. (2024). The Role Of Product Quality In The Influence Of Price Perception And Promotion On Purchase Decisions In E-Commerce. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). Https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR.

Ahyar, dkk. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda (Studi Kasus Di Kota Lhokseumawe). JURNAL VISIONER & STRATEGIS. Volume 11, Nomor 2, September 2022.

Aisy, dkk. (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Uinsa Mart. Jurnal Manajemen Dakwah. Volume 5, No. 1, Juni 2024 .

Alifah, N N. (2022, 22 September). Indonesia Jadi Negara Dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. Goodstats. ttps://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d

Badriah, dkk. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online Pada Traveloka. Jurnal Abiwara. Vol 3 , No. 2, Maret 2022, pp. 186-193

Cynthia, dkk. (2024). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. Volume IX Nomor 1, 2022.

Dewi I R, dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Dengan Mediasikepuasan Pelanggan Pada Toko Prima Fresh Mart Cirebon. Jurnal Manajemen Akuntansi. https://doi.org/10,31959/jm.v11i1.1080,

Dwiarta, dkk. (2021). The Effect Of Price Perception, Quality Perception, and Location On Purchase Decisions. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR.

Hadiansyah, R. (2025, 23 Juni). Mengenal Noraebang, Hiburan Populer Khas Korea Selatan. RRI. https://rri.co.id/hobi/1594565/mengenal-noraebang-hiburan-populer-khas-korea-selatan

Haitao. (2022). Analysis Of Price Perception, Purchase Interest And Marketing Performance On Purchase Decisions. Dinasti International Journal of Digital Business Management. https://doi.org/10,31933/dijdbm.v3i4.

Handriyani, dkk. (2022). Pengaruh Tingkat Penghasilan, Pemahaman Aturan Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Kabupaten Buleleng . Jurnal Riset Akuntansi. Vol. 11 No. 01, Bulan Juni Tahun 2022 .

Heykal, dkk. (2024). Analisis Hubungan Harga Tiket Masuk Dan Line Up Artis Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Untuk Menghadiri Event Festival Musik Saranghaeyo Indonesia 2024. Jurnal Hospitality dan Pariwisata. https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisatahttps://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata.

Idham, dkk. (2024). The Influence of Product Quality, Price, Location, and Service Quality on the Purchasing Decision at Sehatea. Jurnal Inovasi Bisnis. : www.ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IBIMK.

Kelvinia, dkk. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Volume 11, Nomor 02, Oktober 2021.

Muqarrabin, dkk. (2022). Analysis Of Product Quality, Price, Promotion, And Location Toward Purchase Decision. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE). Vol. 5. No. 2 July 2022, Page: 719-729.

Nugroho, W D. (2023, 20 Oktober). Negara dengan Penggemar BTS Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?. iNews. https://www.inews.id/lifestyle/seleb/negara-dengan-penggemar-bts-terbanyak-di-dunia-indonesia-termasuk

Nurwanto, dkk. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fanatisme Terhadap Minat Pembelian Tiket Konser Blackpink Di Stadion Gelora Bung Karno. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi). https://doi.org/10,35870/jemsi.v10i2.2066.

Nuryani, dkk. (2023). Mengukur Minat Berkunjung Kembali Atas Dasar Media Sosial dan Cintra Destinasi Wisata Pantai Lon Malang di Sampang Madura. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen. Vol. 3 No.4 Desember 2023, hlm. 613–628.

Prambudi, dkk. (2024). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 5, Number 1 July 2024.

Ramdhani. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Wisata Hidden Paradise Kecamatan Sibolangit. Prosiding Seminar Nasional. 2830-361X, Volume 3, Mei 2024

Septianingrum, dkk. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Nestle Pure Life Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. DOI 10,37600/ekbi.v7i2.1727.

Sibarangriang, dkk. (2024). The Effect of Price, Location, and Service Quality on K-Pop Concert Ticket Purchase Decisions in Jabodetabek. The Management Journal of BINANIAGA. p-ISSN: 2527-4317, e-ISSN: 2580-149x.

Suryanto. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Selago Makmur Plantation Unit Pabrik Sawit Incari Raya Group. Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi. Volume 3 No 1 Tahun 2022 Halaman 108-118.

Wahyuningrum. (2025). Factors Affecting The Purchase Decision Of Skincare Products: Perspectives Of Promotion, Product Quality, And Price. Journal of Management Science (JMAS). https://www.exsys.iocspublisher.org/index.php/JMAS.

Downloads

Published

2025-09-14