PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN TRUST SEBAGAI MEDIASI PADA KONSUMEN SHOPEE DI KOTA KENDARI

Authors

  • Ali Habib Akbar Al Arab Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Yuan Swastika Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Inayah Abdillah Rabbani Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31539/dy3kjw49

Abstract

Penelitian ini menggunakan kepercayaan sebagai variabel mediasi untuk menguji bagaimana brand image memengaruhi minat beli ulang di antara pelanggan Shopee Kota Kendari. Dalam menghadapi persaingan yang ketat dalam e-commerce, platform seperti Shopee perlu mempertahankan brand image yang kuat dan meningkatkan kepercayaan konsumen agar dapat mempertahankan pelanggan. Sebagai bagian dari teknik kuantitatif penelitian ini, 145 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling diberikan kuesioner. Data dievaluasi menggunakan SmartPLS versi 4 dan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan menunjukkan bahwa brand image memiliki dampak yang menguntungkan dan signifikan terhadap trust dan minat beli ulang. Selain itu, trust memiliki pengaruh besar terhadap minat beli ulang dan memediasi hubungan antara brand image dan minat beli ulang. Penelitian ini menarik karena berfokus pada pelanggan Shopee di Kota Kendari, meneliti konteks lokal yang belum diteliti dengan baik dalam penelitian sebelumnya, dan memberikan bukti empiris untuk peran mediasi trust dalam pengaturan e-commerce. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan mempromosikan bisnis berulang, brand image yang kuat membangun trust dan loyalitas konsumen. Dari sudut pandang praktis, studi ini menekankan betapa pentingnya meningkatkan kualitas layanan, mempertahankan reputasi yang stabil, dan memperkuat brand image untuk meningkatkan kinerja bisnis e-commerce dan membangun kepercayaan.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Alhaddad, A. (2014). The effect of brand image and brand loyalty on brand equity. International Journal of Business and Management Invention, 3(5), 28–32.

Anggraini, R., & Sumiati, S. (2022). Analisis pengaruh faktor brand image, food quality, price dan e-wom terhadap repurchase intention pada oleh-oleh khas Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1214–1226.

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.

Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian cetakan continuous form melalui kepercayaan merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 158–169.

De Silva, V. W., & Hettiarachchi, W. N. (2023). Book review: Kevin Lane Keller and Vanitha Swaminathan (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, 5th edition, Pearson Education Limited, ISBN 978-0-13-489249-8. Asian Journal of Marketing Management, 2(02). https://doi.org/10.31357/ajmm.v2i02.6472

Ellitan, L., Sindarto, J., & Agung, D. A. (2023a). The Influence of Brand Image and Product Innovation on Customer Repurchase Intention through The Mediation of Customer Satisfaction Towards Indomie. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(1), 32–45. https://doi.org/10.24123/jeb.v4i1.5275

Ellitan, L., Sindarto, J., & Agung, D. A. (2023b). The influence of brand image and product innovation on customer repurchase intention through the mediation of customer satisfaction towards indomie. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(1), 32–45.

Ellitan, L., Sindarto, J., & Agung, D. A. (2023c). The influence of brand image and product innovation on customer repurchase intention through the mediation of customer satisfaction towards indomie. Journal of Entrepreneurship & Business, 4(1), 32–45.

Fitriana, W. T. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN, LOYALITAS, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN KOSMETIK WARDAH DI YOGYAKARTA. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/44602/16311080.pdf?sequence=1

Hadi, N. R. C., Karnadi, K., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Skincare Ms Glowmelalui Keputusan Pembelian Aebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Minat Beli Ulang Saleh Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(3), 603–618.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.

Har Lee, C., Cyril Eze, U., & Oly Ndubisi, N. (2011). Analyzing key determinants of online repurchase intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 23(2), 200–221.

Irawan, P. A. P., & Suprapti, N. W. S. (2020). The effect of brand image on purchase intention mediated by trust. Computer, 19(5).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). A framework for marketing management (6/E). Baskı, Essex: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). A framework for marketing management (6/E). Baskı, Essex: Pearson Education Limited.

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The effects of shopping orientations, online trust and prior online purchase experience toward customers’ online purchase intention. International Business Research, 3(3), 63.

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20–38.

Ofa, G. S. F., & Wuisan, D. (2022). Analysis Of The Influence Of Brand Image, Product Quality And Price Perception On The Purchase Decision Of Honda Motor Vehicles In West Halmahera. Indonesian Marketing Journal, 1(2), 123.

pdf-ghozali-dan-latan-2015_compress. (n.d.).

Pratama, D. P., & Sugiyono, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7).

Rizki, T. M., J Ma’ruf, J., & Utami, S. (2022). THE EFFECT OF BRAND IMAGE, PRICE, AND VALUE ON REPURCHASE INTENTION WITH TRUST AS A MEDIATION ON VIRTUAL HOTEL OPERATOR CUSTOMERS IN BANDA ACEH CITY. International Journal of Business Management and Economic Review, 05(02), 15–29. https://doi.org/10.35409/ijbmer.2022.3366

Setiawan, E., Pagiling, L., Nadzirin, M., & Nur, A. (n.d.). Analisis Kualitas Jaringan Internet Provider Telekomunikasi Dengan Menggunakan Parameter Quality of Service (QoS) Di Kota Kendari. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jfe/

Social, W. A., & Meltwater. (2024). Digital 2024: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Statistik, B. P. S.-B. P. (2025). Kota Kendari Dalam Angka 2025 (Vol. 24, Issue Volume 24). Badan Pusat Statistik.

Wiwekananda, I. B., Putra, I. B. U., & Indiani, N. L. P. (2024). Trust Sebagai Pemediasi Pengaruh Service Quality dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna E-Marketplace di Provinsi Bali. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 23(1), 80–100.

Bajaj, A. (2024). Navigating The Digital Shift : Challenges And Opportunities For Traditional Retailers In India ’ s Evolving Marketplace. IOSR Journal of Business and Management 26(10), 32–35.

Downloads

Published

2025-09-11