PENGARUH ULASAN DARING, PENILAIAN DARING, DAN KEPERCAYAAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA TIKTOK SHOP DI BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.31539/ezks8y10Keywords:
Ulasan Daring, Penilaian Daring, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, TikTok Shop.Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara masyarakat melakukan belanja, terutama melalui media sosial seperti TikTok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ulasan daring, penilaian daring, dan tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian pengguna TikTok Shop di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei kepada 155 orang yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda menggunakan software SPSS 25. Hasil menunjukkan bahwa secara individual, ketiga faktor tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga faktor tersebut juga berpengaruh secara bersamaan dengan nilai F hitung 47,596 dan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,486 menunjukkan bahwa 47,6% variasi keputusan belanja dapat dijelaskan oleh ketiga faktor tersebut. Temuan ini mendukung aplikasi teori Theory of Planned Behavior dalam konteks belanja di media sosial dan memberikan rekomendasi strategis bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan kualitas ulasan, penilaian yang akurat, serta membangun kepercayaan konsumen agar meningkatkan minat dan loyalitas belanja.
References
DAFTAR PUSTAKA
Amelia, R. D., Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 274–280. https://doi.org/10.36418/jist.v2i2.80
Amin, A. M., & Hendra. (2020). The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96.
Anggraeni, L. A. (2024). Tantangan Kompetisi dan Risiko Monopoli dalam Transformasi Digital E-Commerce dengan Studi Kasus Aplikasi TikTok di Indonesia. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 87. https://doi.org/10.35448/jmb.v16i1.23398
Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 6(2). https://doi.org/10.33365/tb.v6i2.2830
Annur, C. M. (2023). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. Databoks.
Aradatin, S. A. Al, Muslih, B., & Meilina, R. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi (SENMEA), 4(2), 757–767.
Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Business Administration, 2, No 1,(2548–9909), 152–165. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763
Fiona, E., & Rosha, Z. (2022). Pengaruh Online Review, Rating, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplkace Shopee (Studi kasus pada pengguna Shopee di Kecamatan Kapur IX). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–4.
Fiska, M. (2025). Volume Transaksi QRIS di Banyumas Raya Meningkat 252,93 Persen. Suara Merdeka.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPPS. Badan Penerbit UNDIP : Semarang.
Jayani, D. H. (2023). Berapa Pengguna Internet di Indonesia? Databoks.
Mahendra, S., & Edastama, P. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317
Noviani, S. R., & Siswanto, T. (2022). Pengaruh Online Consumer Review, Rating, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Marketplace Shopee Di Jakarta Selatan. Jurnal Inovasi Manajemen Bisnis, 1(1), 17–28.
Rorie, A. G. S., Tumbel, A. L., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. The Effect Of Trust And Perceived Risk On E-Commerce Purchase Decisions On Tokopedia.Com In Noongan Village, Langowan Barat District. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum, 6(1), 365–370.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Silvia, D. P. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga, Dan Affiliate Marketing Terhadap Pembelian Impulsif Kfashion Pada Pengguna Tiktok Di Banyumas. UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
Sugiarto, W. A., & Hanif, R. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Lazada. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 606–617. https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.4275
Sugiyono. (2020). Research Methods Quantitative, Qualitative, and R&D. Alfabeta : Bandung.
Sukirman, R., Kumalasari, F., & Hendrik. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 152–159. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.845
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salma Priyani, Puspita Lianti Putri, Faizal Rizky Yuttama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.