PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAPREPURCHASE INTENTION PADA TOKO BAJU DI PASAR TRADISIONAL JAMPANG KULON
DOI:
https://doi.org/10.31539/9wwdtn84Keywords:
Kualitas produk, Inovasi Produk, Persepsi Harga, dan Repurchase intentionAbstract
Menurut Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi (BPS) Penurunan penjualan toko baju di Jampang Kulon, Sukabumi,pada tahun 2024 adalah fenomena yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama pergeseran perilaku konsumen ke e-commerce yang menawarkan kenyamanan dan harga lebih kompetitif. Selain itu, daya beli masyarakat yang melemah di wilayah tersebut semakin memperburuk kondisi toko fisik, terutama UMKM lokal. Dalam penelitian ini, 130 responden.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu data primer dan data sekunder. Dalam proses pengumpulan data primer, penelitian ini menggunakan teknik kuisioner. Teknik pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert. uji validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi klasik terdiri dari beberapa jenis pengujian yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dan uji t. Pada penelitian ini mendapatkan hasil yaitu kualitas produk, inovasi produk dan persepsi harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap Repurchase intention di pasar Jampang Kulon.
References
Dewi, N. N., & Wibowo, R. (2018). Analisa Pengaruh Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Juson Home Furniture di Kabupaten Sidoarjo). Management & Accounting Research Journal, 3(1).
Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(10), 6580-6609.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
Humaira, K. F., & Ratnawati, K. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP REPURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 3(1).
Hendri, W. P., & Wulandari, D. P. (2024). Studi Kuantitatif Pada Tede Coffee Padang Tentang Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 2(3), 01-13.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelian: Analisis kualitas produk, desain produk dan endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
Mendur, M. E., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1077-1086.
Munawaroh, M., Rizal, M., & Mahardani, A. S. (2024). Pengaruh Perceived Food Quality, Kepercayaan Konsumen, Kepuasan Konsumen, Dan Inovasi Produk Terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus pada Konsumen Mie Horor Kepanjen). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 733- 742.
Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 115-126.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651-1667.
Tenaya, A. N. A. M. K. (2021). Hegemoni Fashion Barat Pada Busana Bangsawan di Bali Utara (1800-1940). Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 245-253.Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan Edisi ke-12. Erlangga. Jakarta.
Peter, P., & Olson, J. (2013). Consumer Behaviour: Perilaku konsumen dan strategi pemasaranEdisi Keempat Jilid 2 Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sukmadi (2016). Inovasi & Kewirausahaan: Edisi Paradigma Baru Kewirausahaan. Bandung : Humanior Utama Press
Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Internet :
CNBC Indonesia (2019). Gairah
IndustriFashionIndonesia.https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190712155341-3584555/gairahindustrifashion-indonesia diakses pada 29 Juli 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dila Nurpita Sari, Edi Nurtjahjadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.