KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA SEBAGAI ANTESEDEN DARI MINAT BELI ULANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/pvqmjx05Keywords:
Kualitas Produk, Persepsi Harga, Minat Beli Ulang.Abstract
Studi ini dilakukan untuk menginvestigasi bagaimana pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat konsumen untuk membeli kembali minyak goreng Filma di Kota Bandung. Dalam studi ini, melibatkan 100 responden yang memiliki pengalaman dalam membeli dan menggunakan produk minyak goreng Filma, yang berkontribusi dalam pengumpulan data. Metode purposive sampling diterapkan untuk memilih sampel yang relevan. Instrumen penelitian telah melalui serangkaian pengujian, termasuk uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Dari tiga hipotesis yang diajukan, semua hipotesis tersebut didukung oleh data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik kualitas produk maupun persepsi harga memiliki peran positif yang signifikan dalam mempengaruhi minat beli ulang secara terpisah. Selain itu, keduanya juga berkontribusi secara bersamaan dalam meningkatkan minat beli ulang. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi penelitian di masa mendatang dan membantu perusahaan dalam merancang strategi untuk meningkatkan minat beli ulang dari konsumen. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan metode pengambilan sampel yang berbeda serta mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi minat beli ulang.
References
Adam, E. E., & Ebert, R. J. (1992). Production and operations management: concepts, models, and behavior. (No Title).
Amelia, R., & Bintarti, S. (2023). QUALITY OF EXPERIENCE IN MODERATE LIFESTYLE, BRAND AWARENESS AND QUALITY OF TASTE ON REPURCHASE INTENTION. Dynamic Management Journal, 7(3), 311–324.
Anisa, S. T., Mustofa, M. T. L., Al Umar, A. U. A., Fitria, D., Pradani, Y. S., & Inawati, Y. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan go-jek millenial salatiga. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 9–16.
Aprilia, Y., & Andarini, S. (2023). Pengaruh Product Quality dan Brand Trust terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Produk Kecantikan Brand Somethinc. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3193–3205.
Ariani, D., Yanti, S., & Saputri, D. S. (2017). Studi kualitatif dan kuantitatif minyak goreng yang digunakan oleh penjual gorengan di kota Sumbawa. Jurnal Tambora, 2(3).
Ariffin, S., Yusof, J. M., Putit, L., & Shah, M. I. A. (2016). Factors influencing perceived quality and repurchase intention towards green products. Procedia Economics and Finance, 37, 391–396.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.
Chandra, Y., Tjiptono, F., & Setyawan, A. (2021). The promise of entrepreneurial passion to advance social entrepreneurship research. Journal of Business Venturing Insights, 16, e00270.
Evels. (2010). whole-product concept. 1–2.
Faradannisa, M., & Supriyanto, A. (2022). Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam. Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 76–94.
Gapki. (2024). Minyak Sawit: Benarkah Hanya untuk Minyak Goreng? Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia. https://gapki.id/news/2024/09/22/minyak-sawit-benarkah-hanya-untuk-minyak-goreng/
Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Univ. Diponegoro Press.
Hariyanti, A. D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 10(1), 47–87.
Hasan, A., Asif, U., Arif, M. I., & Khan, N. (2013). ATM service quality and its effect on customer retention: A case from Pakistani Banks. Information Management and Business Review, 5(6), 300–305.
Ibzan, E., Balarabe, F., & Jakada, B. (2016). Consumer Satisfaction and Repurchase Intentions. Developing Country Studies, 6(2), 96–100.
Juniantari, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Hendrawan, I. G. Y. (2020). Pengaruh service quality dan persepsi harga terhadap loyalitas pengguna jasa transportasi melalui kepuasan pelanggan pada Ganesa Transport. JUIMA: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2).
Khotimah, N. (2024). Indonesia Produsen Kelapa Sawit Terbesar di Dunia. Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/lain-lain/793986/indonesia-produsen-kelapa-sawit-terbesar-dunia
Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
Kotler, Philip, & Armstrong. (2008). Principles of Marketing (twelfth). Erlangga.
Mulyono. (2018). Berprestasi Melalui JFP Ayo Kumpulkan Angka Kreditmu. DEEPUBLISH.
NAIBAHO, R. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produkdan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Kota Medan.
Petrick, J. F. (2002). Development of a multi-dimensional scale for measuring the perceived value of a service. Journal of Leisure Research, 34(2), 119–134.
Purwanto, N. (2019). Variabel dalam penelitian pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115(9).
Rahman, S., Rika, R., Santoso, P. H., & Setyawan, O. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Gojek di Pekanbaru). Jurnal BANSI-Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi, 2(1), 1–9.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651–1667.
Retnowulan, J. (2017). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap Minat beli Smartphone Xiaomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 139–145.
Rohwiyati, R., & Praptiestrini, P. (2019). The effect of shopee e-service quality and price perception on repurchase intention: Customer satisfaction as mediation variable. Indonesian Journal of Contemporary Management Research, 1(1), 47–54.
Safitri, A. N. (2020). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1–9.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian Edisi 6 Buku 2.
Smith, G. F. (1993). The meaning of quality. Total Quality Management, 4(3), 235–244. https://doi.org/10.1080/09544129300000038
Sudjana. (2011). Metode Statistika. Tarsito.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. In Bandung: Alfabeta.
Suicy, F. M., & Harjanti, D. (2021). Pengaruh marketing mix dan store atmosphere terhadap repurchase intention pada ritel pakaian toko tristar di Kabupaten Talaud. Agora, 9(1), 358365.
Takaya, R., Ramli, A. H., & Lukito, N. (2019). The effect of advertisement value and context awareness value on purchase intention through attitude brands and advertising attitude in smartphone advertising. International Journal of Creative Research and Studies, 3(3), 106–118.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality Dan Customer Satisfaction Edisi 5.
Wahyudianto, M. Z. (2020). Pengaruh persepsi harga dan promosi penjualan terhadap minat beli butuhbaju. com. Performa, 5(4), 311–319.
Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh persepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood di kota sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eva Elina Gultom, Leni Evangalista

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.