PENGARUH KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE - AI), SARANA PRASARANA DAN PELATIHAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH KINDERFIELD HIGHFIELD DEPOK

Authors

  • Ranny Mauscouri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Jahani Jahani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.31539/4t3n6e64

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Artificial Intelligence, AI, Sarana Prasarana, Pelatihan Guru, Kinerja Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan buatan, sarana prasarana, dan pelatihan guru terhadap kinerja guru di sekolah Kinderfield Highfield Depok. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda melalui bantuan program SPSS. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah: Y = 7,031 + 0,198X₁ + 0,404X₂ + 0,381X₃, yang mengindikasikan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. Uji F menunjukkan bahwa kecerdasan buatan, sarana prasarana, dan pelatihan guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Fhitung sebesar 23,424 > Ftabel 2,723 dan sig. 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,460 berarti 46% variasi dalam kinerja guru dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Secara parsial, uji t membuktikan bahwa kecerdasan buatan (t = 2,190; sig. = 0,032), sarana prasarana (t = 3,954; sig. = 0,000), dan pelatihan guru (t = 3,431; sig. = 0,001) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Di antara ketiga variabel tersebut, pelatihan guru memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja guru, ditunjukkan oleh nilai standardized beta tertinggi sebesar 0,344. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan yang terstruktur, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan, serta peningkatan kualitas sarana prasarana dalam menunjang kinerja pengajar secara optimal.

References

Almasri, F. (2024). Exploring the Impact of Artificial Intelligence in Teaching and Learning of Science: A Systematic Review of Empirical Research. Research in Science Education, 54(5), 977–997. https://doi.org/10.1007/s11165-024-10176-3

Azizah, D., Wibawa, A., & Budiarto, L. (2021). Hakikat Epistemologi Artificial Intelligence. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(8), 592–598. https://doi.org/10.17977/um068v1i82021p592-598

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). Naskah Akademik: Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Cahyo, O., Sancoko, H., Sugiarti, R., Psikologi, M., Semarang, U., & Psikologi, F. (2022). KINERJA GURU DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. www.scopus.com

Celik, I., Dindar, M., Muukkonen, H., & Järvelä, S. (2022). The Promises and Challenges of Artificial Intelligence for Teachers: a Systematic Review of Research. TechTrends, 66(4), 616–630. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00715-y

Darari Bariqi, M. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. In JSMB (Vol. 5, Issue 2). http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb

Diantama, S. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Vol. 1, Issue 1).

Elfina, E. (2022). Enrichment: Journal of Management is Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0) Enrichment: Journal of Management The Importance of Facilities and Infrastructure Management in School. In Enrichment: Journal of Management (Vol. 12, Issue 2).

Fazria, N., M@gm, M. N., Fazria Masfufah, N., & Rindaningsih, I. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU: Literatur Review. 8(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/

Fu, Y., Weng, Z., & Wang, J. (2024). Examining AI Use in Educational Contexts: A Scoping Meta-Review and Bibliometric Analysis. In International Journal of Artificial Intelligence in Education. Springer. https://doi.org/10.1007/s40593-024-00442-w

Fudin, A. (2020). PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU. Pengaruh Sarana Prasarana…, Fudin, 15(1), 7–11. https://doi.org/10.23917/mp.v15i1.10611

Hajar, H., Sumaryoto, S., & Hapsari, S. (2024). Pengaruh Persepsi Atas Sarana Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 7(2), 219. https://doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20308

Hibrizi, H. M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 20 KOTA BEKASI . UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Ibnu Prayoga, F., Masruroh, N., & Vina Safitri, N. (2024). Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series 7 (3) (2024) 613-622 Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Maiti, M., Kayal, P., & Vujko, A. (2025). A study on ethical implications of artificial intelligence adoption in business: challenges and best practices. Future Business Journal, 11(1), 34. https://doi.org/10.1186/s43093-025-00462-5

Munarsi, W. S., Budiwobowo, S., & Astuti, E. (2021). PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN XX MADIUN. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 65. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1467

Mustafa, M. Y., Tlili, A., Lampropoulos, G., Huang, R., Jandrić, P., Zhao, J., Salha, S., Xu, L., Panda, S., Kinshuk, López-Pernas, S., & Saqr, M. (2024). A systematic review of literature reviews on artificial intelligence in education (AIED): a roadmap to a future research agenda. In Smart Learning Environments (Vol. 11, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40561-024-00350-5

Ningsih, A. C., Silalahi, E., Ramadhanti, A., Rahmadani, L., Izandy, C. R., & Ratnadila, N. (2024). Studi Literatur: Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 209. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.624

NURJIHAN, S. (2022). PENGARUH PENGUASAAN TEKNOLOGI, KOMPETENSI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 3 MAROS . UNIVERSITAS BOSOWA.

Oktavianti, F. (2022). Pengaruh Kemajuan Teknologi Digital terhadap Kinerja Guru di SMA AL-Hikmah Bandar Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN.

Pratiwi, R. T. L., & Yunus, M. (2024). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) bagi Guru dan Peserta Didik di Era Society 5.0. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 488–494. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p488-494

Sadriani, A., Ridwan, M., Ahmad, S., & Arifin, I. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index

Salas-Pilco, S. Z., Xiao, K., & Hu, X. (2022). Artificial Intelligence and Learning Analytics in Teacher Education: A Systematic Review. In Education Sciences (Vol. 12, Issue 8).

Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). https://doi.org/10.3390/educsci12080569

Selviyanti, N. H., Fadila, N., Sulis, Y. D., Anshori, I., Buyung, H., & Safrizal, A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN.https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.20987

Sharma, C., Sharma, S., Sharma, K., Sethi, G. K., & Chen, H. Y. (2024). Exploring explainable AI: a bibliometric analysis. Discover Applied Sciences, 6(11). https://doi.org/10.1007/s42452-024-06324-z

Sheikh, H., Prins, C., & Schrijvers, E. (2023). Artificial Intelligence: Definition and Background (pp. 15–41). https://doi.org/10.1007/978-3-031-21448-6_2

Sulasmono, B. S., & Widi Wardani Dosen Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, K. (2017). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PELATIHAN BESERTA FAKTOR PENENTUNYA. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2).

Suwarga, G., & Resmiati, A. R. (2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru. 4(2), 2583–2596. http://jurnaledukasia.org

Treve, M. (2024). Integrating Artificial Intelligence in Education: Impacts on Student Learning and Innovation. International Journal of Vocational Education and Training Research, 10(2), 61–69. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20241002.14

Wilson Sitopu, J., Helida Pitra, D., Muhammadiah, ud, Siti Nurmiati, A., Rosenta Purba, I., & Nurmalia Sari, M. (2023). PENINGKATAN KUALITAS GURU: PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL DALAM PENDIDIKAN. Communnity Development Journal, 4(6).

Downloads

Published

2025-09-13