FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DIHUBUNGKAN DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DI KSPPS MANDIRI UMAT
DOI:
https://doi.org/10.31539/81m9vv84Keywords:
Minat nasabah, pembiayaan Murabahah, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, religiusitas.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga, promosi, pelayanan, dan kepercayaan terhadap minat nasabah dalam pembiayaan akad Murabahah di KSPPS Mandiri Umat Kota Pekalongan, dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Menggunakan sumber data primer dari 110 responden melalui media kuesioner, analisis dilakukan dengan regresi linier berganda dan MRA. Hasil analisis menunjukkan seluruh variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat, serta religiusitas memoderasi hubungan tersebut. Keputusan nasabah dipengaruhi kombinasi motivasi spiritual dan pertimbangan rasional seperti layanan, keuntungan, dan promosi.
References
Abu Ahmadi, Psikologi Umum, (Jakarta: Rieneka Uji Cipta. 1998), hal. 151
Andrini, R. (mei 2020). PELAYANAN BANK SYARIAH SERTA PENGARUHNYATERHADAPMINAT MAHASISWA(STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU). volume,3 Islamic Banking and Finance, 7
Dewi, Anggriani. 2020. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Bank Syariah di Kota Palopo. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo Vol.4 No.2
Hamid, Abdul. 2007. Buku Panduan Menulis Skripsi. jakarta: FEIS UIN Press
Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran Cara Praktis Meneliti Konsumen Dan Pesaing. 2nded. jakarta: PT Gramedia Pustaka Tama. Karim, Adiwarman. 2008. EKonomi Makro Islam. jakarta: raja gravindo persada.
Masyithoh, ND, Analisis normatif undang-undang no.1 tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atas status badan hukum dan pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), jurnal Economica, Volume V/Edisi 2/Oktober 2014.
Nastiti,N.H.(2018). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Perbankan, Pengwtahuan produk Perbankan, Pengetahuan Pelayanan Perbankan, Dan Pengetahuan Bago Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis.
Puspaningtyas, Lida. (2023, Oktober 13). OJK: Pangsa Pasar Perbankan Syariah Indonesia Tumbuh Jadi 7,3 Persen. Republika. https://sharia.republika.co.id/berita/s2gmmm502/ojkpangsa-pasar-perbankan-syariah-indonesia-tumbuh-jadi-73- persen.
Syafaah, Nurul, and Khozainul Ulum. 2022. “Peran Pembiayaan Murabahah Di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Pasar Sugio Lamongan.” JES (Jurnal Ekonomi Syariah) 7(1):95–103.
Wiroso. Jual Beli Murabahah. Yogyakarta: UII Press, 2005.
www.ojk.go.id. Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eliza Intan Syavinaz, Usamah Usamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.