PENGARUH HARGA, LOKASI, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI  (STUDI KASUS: MAGIA COFFEE FATMAWATI, JAKARTA SELATAN)

Authors

  • Yuliana Priska Institut ASIA Malang
  • Ike Kusdyah Rachmawati Institut ASIA Malang
  • Yunus Handoko Institut ASIA Malang

DOI:

https://doi.org/10.31539/9vy0gg90

Keywords:

Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Drawing upon factual evidence, supporting data, previous research, and the identified research gap, the researcher seeks to further investigate “The Influence of Brand Image, Lifestyle, Product Quality, and Digital Marketing on Coffee Purchase Decisions at MAGIA COFFEE in South Jakarta.” The study’s results demonstrate that Price, Location, Product Quality, and Service Quality all have a significant impact on consumers' purchasing decisions at MAGIA COFFEE. Among these variables, Price emerges as the most influential factor, followed in descending order by Product Quality, Service Quality, and Location. This study utilizes a quantitative research method and applies an accidental sampling technique involving 70 respondents. The participants were customers who happened to be at MAGIA COFFEE during the research process and voluntarily provided their contact details. The researcher then distributed a Google Form link to collect their responses. The study was conducted at MAGIA COFFEE, located in Fatmawati, South Jakarta, in June 2025. The collected data were processed using SPSS version 23.0.

References

Firmansyah, M. Y., Rachmawati, I. K., & Bukhori, M. (2024). Harga, testimoni dan kualitas produk: Pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk Blackdoff pada marketplace Shopee. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 289–305. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/22378

Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen coffee shop di Kota Gresik (Skripsi). Tidak dipublikasikan.

Hutagalung, Y. M., & Waluyo, H. D. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kopi Benteng 2 Banyumanik). Departemen Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Diponegoro.

Iman, M. N. (2020). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian kopi di Coffee Shop Batas Kota. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI.

Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 1(1).

Juniarti, S., Zuraida, L., & Wikaningtyas, S. U. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (pada Bento Kopi). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha.

Keller, K. (1993). Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity. Journal of Marketing, 57(1), 1–22.

Kleindl, B., & Burrow, J. L. (2005). E-Commerce Marketing. United States of America: South-Western.

Kotler, P. (2009). Manajemen pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Pramukti, K. B., & Tamulantak, R. (2023). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan di Kopi Janji Jiwa Harapan Indah. Human Capital Development.

Rahmawati, S. N. (2025). Mengapa Work From Cafe (WFC) menjadi tren di kalangan mahasiswa dan pekerja? Good News From Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2025/02/06/mengapa-work-from-cafe-wfc-menjadi-tren-di-kalangan-mahasiswa-dan-pekerja

SANTINO. (2024). Data konsumsi kopi di Indonesia terbaru. SANTINO. https://santinocoffee.co.id/data-konsumsi-kopi-di-indonesia-terbaru/

Sawitri, H., & Yuziani. (2021). Gender dan kebiasaan minum kopi pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 16(4).

Setiawan, A. (2024). Pengaruh dari brand image, lifestyle, word of mouth, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian kopi di Magia Coffee di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia.

Soesanto, A. R., & Arsyad, A. W. (2024). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga terhadap keputusan pembelian pada coffee shop. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 6(2), 101–110.

Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukawati, R. (2024). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan membeli melalui citra merek produk sabun Blue Ocean di Jakarta. Institut Teknologi & Bisnis Asia.

Syahriyah, A., & Arifiansyah, R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Kopi Nako Depok.

Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian. SEIKO Journal of Management & Business.

Downloads

Published

2025-09-10