PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI CITRA MEREK PADA KONSUMEN TEH DALAM KEMASAN SIAP MINUM MEREK TEH PUCUK HARUM DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Raihan Zahran Ghasani Universitas Jendral Achmad Yani
  • Abdul Ahmad Hafidh Nurmansyah Universitas Jendral Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/81hxvt80

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Minat Beli Ulang, Teh Pucuk Harum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui citra pada konsumen teh dalam kemasan siap minum merek Teh Pucuk Harum di Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan indeks Top Brand Index pada merek Teh Pucuk Harum selama tiga tahun terakhir, yang mengindikasikan potensi penurunan minat beli ulang konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 120 responden yang berdomisili di Kota Bandung dengan kriteria konsumen yang telah mengonsumsi Teh Pucuk Harum lebih dari satu kali. Teknik analisis data yang digunakan meliputi regresi berganda dan uji Sobel untuk menguji pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, serta citra merek terbukti memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas produk sebagai strategi untuk memperkuat citra merek dan mendorong minat beli ulang konsumen.

References

Ellitan, L. (2023). Increasing Repurchase Intention through Product Quality, Service Quality, and Customer Satisfaction. Article in International Journal of Research, 10(10), 25–36.

Friska Fitria Halistianti. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E- WOM ) TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG PRODUK BEDAK PADAT MAYBELLINE DI KOTA BANDUNG.

Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The Effect Of Brand Image And Product Quality On Re-Purchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1), 40–57. https://doi.org/10.5281/zenodo.3627548

Hasan, A. (2013). Pilihan, Marketing dan Kasus-kasus. CAPS.

Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329–346. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.837

Kosli, J., Yuwono, V. K., & Soediro, M. (2023). Pengaruh Citra merek, Kualitas Poduk, Dan Atmosfer Restoran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Kajian terhadap sebuah restoran x di Makassar). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1317–1326. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49387

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler & Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 13).

Lestari, S. A., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Minuman Teh Botol Sosro Di Depok. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 2529–2536. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.8173

Mahemba, U. S. A. K., & Rahayu, C. W. E. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 1(2), 428–439.

Mulyandi, M. R., & Tjandra, R. H. (2022). The Influence Of Product Quality, Service Quality And Brand Image On Repurchase Intention. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 4(1), 41–52.

Prasetya & Nurmansyah. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Produk Minuman Berkarbonasi Merek Sprite Di Kota Bandung.

Prastiyani, M., & Suhartono, S. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Advan Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 7(1), 58–74. https://doi.org/10.32477/jrm.v7i1.188

Sangadji, E. M. ; S. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (1st ed.). Andi Offset.

Santika, K. J., & Mandala, K. (2019). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6139. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p14

Shaw, S. J., & Davis, K. R. (1973). Marketing Management. Dalam Journal of Marketing (15th Editi, Vol. 37, Nomor 1). PT Index. https://doi.org/10.2307/1250781

Sukmawati Jaya, F. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Pada Merek Minuman Menantea The Effect of Brand Image, Price, and Product Quality on Repurchase Intention of Menantea. Sinomika Journal | Volume, 2(5), 819–832.

Sundari, I. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Es Teh Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIR). Skripsi Universitas Islam Riau Pekanbaru, 1–117.

Teguh Afwan, M., & Budi Santosa, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 8(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-08-13