IMPLEMENTASI PROYEK OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI ADVERTISING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA UKM X DI BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/2v8kem36Keywords:
Media Sosial, Periklanan Digital, Manajemen Hubungan Pelanggan, Meta Ads, HubspotAbstract
Dewasa ini, usaha kecil dan menengah (UKM) tengah secara besar-besaran mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional mereka, salah satunya untuk pemasaran, karena pemasaran digital memberikan kesempatan untuk mencapai audiens secara luas dengan biaya yang lebih terjangkau. Akan tetapi, masih banyak dari mereka yang belum bisa memanfaatkan serta mengoptimalkan berbagai strategi digital, apalagi untuk meningkatkan keterikatan antara merek dengan konsumen. Oleh karena itu, kami melakukan analisis terhadap bisnis X meliputi identifikasi masalah, analisis internal dan eksternal, serta validasi segmen pasar. Dari hasil tersebut, kami mengembangkan perencanaan strategi pemasaran yang sesuai dengan profil perusahaan. Dengan bertumbuh pesatnya UKM F&B di Kota Bandung ini, mereka mulai kewalahan dalam mengolah data-data prospek dan konsumen. Oleh karena itu, pada tahap implementasi proyek pemasaran digital ini, kami memanfaatkan periklanan digital menggunakan ad network dari Meta Ads Manager, serta sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) menggunakan software HubSpot. Dari implementasi tersebut, kami berhasil menghasilkan ROAS 280% dan menjangkau lebih dari 500 ribu akun Instagram, yang mana berpengaruh pada meningkatnya jumlah leads dan ROI sebesar 20,8%.
References
Awaliya, E., Suhendri, N., Sibarani, T. P., Wildani, L. N., Zabrina, F. S., Yuwono, W., & Sinambela, F. A. (2023). Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Enterprise Resource Planning (Erp) Dalam Meningkatkan Supply Chain Management (Scm) Pada Perusahaan Indofood Tbk. Jurnal Mirai Management, 8(1), 520–530.
Baihaqi, S. A., & Widodo, S. (2025). (PDF) Pengaruh Digital Marketing melalui Meta Ads terhadap Brand Awareness UMKM Kopi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 5(4), 1043–1051. https://doi.org/10.52436/1.jpti.713
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing. Pearson UK.
Eldiantino, L. V., & Tania, F. (2024). Perancangan Strategi Periklanan Serta Desain Media Promosi Merek Klote pada Media Shopee. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 3(1), 25–37. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v3i1.1369
Febriyanti, Y. S. (2024). Meningkatkan Profitabilitas UKM melalui Penerapan Teknologi CRM. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/yozasetya7832/66d90cf7ed6415636a3f72e2/meningkatkan-profitabilitas-ukm-melalui-penerapan-teknologi-crm
Firayanti, Y., Wulansari, F., Shaifuddin, M. S., & Saputra, E. (2024). (PDF) PEMASARAN DIGITAL & MEDIA SOSIAL. UNU Kalbar Press. https://www.researchgate.net/publication/385504715_PEMASARAN_DIGITAL_MEDIA_SOSIAL
Freedman, B. R., Hwang, C., Talbot, S., Hibler, B., Matoori, S., & Mooney, D. J. (2023). Breakthrough treatments for accelerated wound healing. Science Advances, 9(20), eade7007. https://doi.org/10.1126/sciadv.ade7007
Goodstat. (2024). Industri F&B Tumbuh Positif, Apa Saja Rasa-Rasa Minuman yang Akan Jadi Tren di 2024? - GoodStats. https://goodstats.id/infographic/industri-f-dan-b-tumbuh-positif-apa-saja-rasa-rasa-minuman-yang-akan-jadi-tren-di-2024-CBYFS
Iglesias, O., Landgraf, P., Ind, N., Markovic, S., & Koporcic, N. (2020). Corporate brand identity co-creation in business-to-business contexts. Industrial Marketing Management, 85, 32–43. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.09.008
Jill Griffin (with Internet Archive). (1995). Customer loyalty. Lexington Books. http://archive.org/details/customerloyaltyh00grif_0
Juliana, S., & Sihombing, S. O. (2019). (PDF) PENGARUH PENEMPATAN PRODUK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP NIAT MEMBELI. ResearchGate, 12(1), 19. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702
katadata. (2023). Media Sosial, Sumber Informasi Utama Masyarakat Indonesia | Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/telecommunications/statistik/02948dc293fe4c9/media-sosial-sumber-informasi-utama-masyarakat-indonesia
KemenpanRB. (2024, Agustus 7). Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Adopsi Teknologi Digital pada 2024. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/kominfo-targetkan-30-juta-umkm-adopsi-teknologi-digital-pada-2024
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). The University of Minnesota Libraries Publishing. https://www.amazon.com/Principles-Marketing-17th-Gary-Armstrong/dp/9352865618
Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2012). Principles of Marketing. Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management, Global Edition. Pearson Higher Ed.
Meinel, C., Leifer, L., & Plattner, H. (Ed.). (2011). Design Thinking. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-13757-0
Nielsen. (2023). Annual Report 2023 | Quarterlytics. https://quarterlytics.com/company/nielsen_nlsn/annual-report-2023/
Porter, M. E. (1980). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Pass. https://www.hbs.edu/faculty/Pages/item.aspx?num=195
Pruitt. (2020). UNITED STATES v. PRUITT (2020) | FindLaw. https://caselaw.findlaw.com/court/us-9th-circuit/2102305.html
Rangkuti, F. (2018). Manajemen persediaan. https://scholar.google.com/scholar?cluster=15864856662754467764&hl=en&oi=scholarr
Ranti, S. (2024). Instagram Reels Vs Feed, Mana Konten yang Punya Jangkauan Lebih Besar? Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2024/11/13/12010067/instagram-reels-vs-feed-mana-konten-yang-punya-jangkauan-lebih-besar-
Rasiel, E. M. (1999). The McKinsey Way. McGraw-Hill.
Rassiel, E. M. (1999). The McKinsey way by Ethan M. Rasiel | Open Library. https://openlibrary.org/books/OL388352M/The_McKinsey_way
Rianto, R., & Setyohadi, D. B. (2017). Mengukur Kesiapan Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Model Application Service Provider (ASP) pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(1), 26. https://doi.org/10.20473/jisebi.3.1.26-32
Riyanto, A. D. (2024, Februari 21). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara/Fasilitator Digital Marketing, Internet marketing, SEO, Technopreneur dan Bisnis Digital. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Siddiqui, A. A. (2021). The Use of Pestel Analysis Tool of Quality Management in the Health Care Business and its Advantages. American Journal of Biomedical Science & Research, 14(6), 507–512. https://doi.org/10.34297/AJBSR.2021.14.002046
Sinaga, L. A. M., Waruwu, N. S., Purba, R. R., Rianti, R. A., Sihombing, U. L., & Siallagan, H. (2024). Analisis Peran Akuntansi Manajerial Dalam Mengelola Biaya Dan Mendukung Keputusan Bisnis. Journal on Education, 7(1), 1192–1199.
Solís-Carcaño, R. G., Corona-Suárez, G. A., & García-Ibarra, A. J. (2015). The Use of Project Time Management Processes and the Schedule Performance of Construction Projects in Mexico. Journal of Construction Engineering, 2015(1), 868479. https://doi.org/10.1155/2015/868479
Soraya, E., & Sazali, H. (2023). Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Di Perpustakaan Daerah Medan. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(1), 23. https://doi.org/10.18592/pk.v11i1.9620
Statista. (2024). Bread & Cereal Products—Indonesia | Market Forecast. http://frontend.xmo.prod.aws.statista.com/outlook/cmo/food/bread-cereal-products/indonesia
Suhayati, M. (2023). DIGITALISASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. BIDANG EKONOMI, KEUANGAN, INDUSTRI, DAN PEMBANGUNAN: INFO SINGKAT, 15(24).
Suprayogi, B., & Razak, A. (2019). Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. PRODUKTIF : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 254 261-254 261.
Swallehe, O. (2022). The influence of technology acceptance model aspects on the adoption of database marketing technology by tour operators in Tanzania. Dalam Business, Industry, and Trade in the Tropics. Routledge.
Wispandono, R. M. (2013). Perumusan strategi pengembangan usaha melalui evaluasi internal dan eksternal (Studi di lingkungan industri kecil sepatu Mojokerto). Proceeding of International Conference Sustainable Competitive Advantage, 3(1). https://core.ac.uk/download/pdf/267947396.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alya Bilqis Nafa Rahmasari, Salsabila Nadhif Zahira, Kurnia Khafidhatur Rafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.