ANALISIS MUTU LULUSAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BINAAN DI KECAMATAN KUPANG TIMUR KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Wilhelmus Geri Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Simon Sia Niha Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Henny A. Manafe Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Agapitus Hengky Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.14706

Keywords:

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang1 Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Kinerja Guru, Lingkungan Belajar dan Supervisi Kepala Sekolah.

Abstract

Penurunan mutu lulusan di sekolah binaan Kecamatan Kupang Timur diduga dipengaruhi oleh proses pembelajaran, kinerja guru, lingkungan belajar, dan supervisi kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan faktor-faktor tersebut dan menguji pengaruhnya terhadap mutu lulusan secara parsial dan simultan. Sampel penelitian terdiri dari 65 tenaga pendidik, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi, dianalisis menggunakan uji t dan uji F. Hasil statistik deskriptif menunjukkan kategori baik untuk mutu lulusan (80,12%), proses pembelajaran (82,00%), kinerja guru (75,10%), lingkungan belajar (82,41%), dan supervisi kepala sekolah (80,32%). Uji t menunjukkan bahwa proses pembelajaran (7,609; sig 0,00), kinerja guru (4,745; sig 0,00), lingkungan belajar (6,173; sig 0,00), dan supervisi kepala sekolah (3,388; sig 0,001) berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu lulusan. Uji F menunjukkan pengaruh simultan yang signifikan dari keempat variabel bebas (98,183; sig 0,000), dengan kontribusi sebesar 86,7%, sedangkan 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Disarankan agar guru dan kepala sekolah terus meningkatkan proses pembelajaran, kinerja guru, penataan lingkungan belajar, dan supervisi untuk meningkatkan mutu lulusan di sekolah binaan SMP Kecamatan Kupang Timur.

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Achmadi Abu, Narbuko Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi. Aksara. Aqib, zainal. 2010

Ahmadi dan Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia,1997

Akhmad Sudrajat, Pengertian, Strategi, Metode, Teknik, dan Model. Pembelajaran. Bandung, Sinar Baru Algensindo, 2008.

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Alwisol, Psikologi kepribadian, Malang: UMM Press, 2009

Apriliya Seni, Manajemen kelas untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007

Badrudin, Manajemen Peserta Didik, Jakarta: Indeks, 2014

Barnawi & M. Arifin, Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter, Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA, 2012

Carter, V. ... Sahertian, A. Piet & Mataheru, Supervisi Pengajaran, Teori dan Aplikasinya dalam. Membina Profesional Guru, Jakarta, Bumi Aksara, 1992.

Dadang Suhertian, Supervisi Profesional, Bandung: Alfabeta, 2010

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Depdiknas, 2006

Diana-Abasi Ibaga, Solving The Problem Of Poor Quality Of University Graduates In Nigeria A Proposed Holistic Approach, Eruopean Center for research trainingand

Edward Sallis, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: IRCiSoD,2016

Hanson & Owen dalam Oyibade, Applying the General Systems Theory to Students Conflict Management in Negeria‟s Tertary Institutions, New York: Bisi Book, 1981

Hasbullah, M, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012

Hasbullah, M, Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Heri Gunawan; Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasi; Bandung: Alfabeta, 2012.

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Bandung: Alfabeta,2010

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan dan Teknologi No.209/P/2021 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah, 2021

Kusmianto, Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas, MKPS, Jakarta, 1997

Levis, Leta Rafael. Metode penelitian perilaku petani. Yogyakarta. Ledalero. 2013

Mariyana Rita dan Ali Nugraha. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Muhammad Fathurrahman, Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Konstektualisasi Pendidikan Agama di Sekolah, (Yogyakarta: Kalimedia, 2015)

Musaheri, Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod, 2011

N. Ardi Setyanto, Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press, 2017

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara,2007

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Penidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya,2017

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012

Nur Zazin, Gerakan Manata Mutu Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011

Piet A Sahertian dan Ida Aleida Sahertian, Supervisi pendidikan dalam rangka inservice Education, Jakarta : Rineka Cipta, 1992

Piet A. Suhertian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta,2010),

Riduwan, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta. Alsa, 2012

Salman Rusydie, Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas, Yogyakarta: Diva Press, 2011

Samami, M.; Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset,2013

Samani, M., & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.

Saroni Muhammad, Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang. Kompeten, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006

Singarimbun & Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 2004.

Soedijarto, Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai. Pustaka, 1993

Soelaeman, Pendidikan dalam Keluarga, Bandung: CV Alfabeta, 1994.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010

Sugiyono, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Supriadi dan Darmawan, Komunikasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012

Turshan Hakim, Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2003

Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Downloads

Published

2025-04-28