DETERMINAN NIAT BELI KONSUMEN PADA TRAVEL ONLINE DENGAN MERK TRAVELOKA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i1.14677Keywords:
E-Service Quality, Website Quality, Promotion, E-Trust, Ease of Transaction, Purchase Intention.Abstract
Perkembangan teknologi dan internet di era globalisasi telah mengubah perilaku konsumen, terutama dalam industri pariwisata, dengan meningkatnya penggunaan platform Online Travel Agent (OTA) untuk merencanakan perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality, Website Quality, Promotion, E-Trust, dan Ease of Transaction terhadap Purchase Intention pada aplikasi Traveloka di Kabupaten Gresik. Metode kuantitatif dengan pendekatan analisis multivariat menggunakan Smart-PLS diterapkan dalam penelitian ini, dengan populasi masyarakat yang telah menggunakan Traveloka namun belum melakukan pembelian. Sampel sebanyak 240 responden dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality, Website Quality, Promotion, E-Trust, dan Ease of Transaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. E-Service Quality berpengaruh melalui keamanan transaksi dan petunjuk pembelian yang jelas, Website Quality meningkatkan kemudahan penggunaan, Promotion memperkuat minat beli melalui diskon, E-Trust membangun kepercayaan konsumen, dan Ease of Transaction mempermudah proses pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa e-service quality, website quality, promotion, e-trust, dan ease of transaction berperan penting dalam meningkatkan purchase intention pada platform e-commerce seperti Traveloka.
References
Alghifari, A.F., Dan Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.
Andono, B., & Ihza Maulana, Y. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI ONLINE TRAVEL AGENT TRAVELOKA (Studi Pada Konsumen Di Lingkungan Mahasiswa STTKD). Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 62–72. Https://Doi.Org/10.56521/Manajemen-Dirgantara.V15i1.570
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Https://Apjii.Or.Id/Berita/D/Apjii-Jumlah-Pengguna-Internet-Indonesia-Tembus-221-Juta-Orang
Aprilia, P. W., & Krisnawati, W. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Layanan Spotify Premium. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 4(3), 326–338.
Apriyanto, R. Dan, & Apriyanti. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Citra Perusahaan, Kemudahan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Dan Promosi Terhadap Minat Beli E-Commerce Lazada Di Kota Madiun (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas PGRI Madiun). September.
Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Beli Ulang Emina Pada Official Store. September 2020.
Azahra, F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Kfc Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, 2(2), 678–691. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i2.351
Dahlan, A. D., Dermawan, R., & Zawawi. (2023). Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Tokopedia Di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2803–2811. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i2.4234
Darmanto, A. (2021). PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI Aji Darmanto , Theresia Pradiani , Widi Dewi Ruspitasari Program Pasca Sarjana , Institut Teknologi Dan Bisnis Asia. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 25.
Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Donat Madu Lapai. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 593–604.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares : Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 (Edisi 2). Badan Penerbit.
Habibah, N. F., & Fikriyah, N. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI SHOPEE (Studi Kasus Konsumen Toko Adilla.Id). Journal Of Business, Finance, And Economics (JBFE), 3(2), 165–178. Https://Doi.Org/10.32585/Jbfe.V3i2.4097
Hardani, R. P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Fast Fashion Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 34(3), 174–189. Https://Doi.Org/10.53916/Jam.V34i3.113
Harto, R. B., & Munir, Z. (2021). Analisis Kepercayaan, Persepsi Resiko Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Shopee. In Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen (Vol. 9, Issue 1, Pp. 89–98). Https://Ejournal.Stmikgici.Ac.Id/Index.Php/Jursima/Article/View/256
Izmi, P. R., & Nugroho, D. A. (2021). HEDONIS TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA LAYANAN TRAVELOKA ( Studi Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Traveloka Di Kota Malang ). 1–18.
Jamaludin, N., & A’is, R. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kemudahan Transaksi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Koperasi Syariah Bmt Bisma Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 9(3). Https://Doi.Org/10.35137/Jmbk.V9i3.607
Jundrio, H., & Keni, K. (2020). Pengaruh Website Quality, Website Reputation Dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Pada Perusahahaan E-Commerce. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 229. Https://Doi.Org/10.24912/Jmieb.V4i2.7802
Kartika, R., Amsal, A. A., & Putri, M. S. (2020). Analisis Pengukuran Kualitas Website Cakrawala Media.Co Dengan Metode Webqual 4.0. 9(2), 150–162.
Khaerani, R. A., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Traveloka. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 310–317. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2020.28097
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (Eds.); 13th Ed.). Erlangga.
Krisnawati, W. (2021). Pengaruh Online Procrastination, Product Feature, Dan Social Influence Pada Purchase Intention Di Marketplace Shoppee. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(2), 210–215. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V6i2.4087
Kuswibowo, C., & Murti, A. K. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 5(1), 53–61. Https://Doi.Org/10.30988/Jmil.V5i1.726
Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd Ed.). Salemba Empat.
Maghfiroh, W. I., Himawan, A. F. I., Sukaris, S., & Krisnawati, W. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-TRUST DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA BRI MOBILE (Brimo). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 481–486. Https://Doi.Org/10.55681/Sentri.V1i2.251
Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. Https://Doi.Org/10.58217/Joce-Ip.V15i1.226
Mardani, W. A. P. (2021). Pengaruh Visual Merchandising, Celebrity Endorser, Kreatifitas Iklan Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Aplikasi Streaming Video (Netflix). 4(1), 6.
Martiah, A., Ismulyani, H. U., & Inonu, S. H. (2023). Pengaruh Perceived Risk, Perceived Reputation, Dan Trust Online Terhadap Minat Beli Online Konsumen Shopee. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1333–1337. Https://Doi.Org/10.37034/Infeb.V5i4.616
Martono, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (S. P. T. Utami (Ed.); Revisi 2). Rajawali Pers.
Minarto, A. H., Felita, E., & Thio, S. (2021). Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Pemesanan Hotel Di Traveloka. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.9744/Jmp.7.1.1-9
Mindiasri, I. I., Priharsari, D., & Purmono, W. (2023). Eksplorasi Pengaruh Live Shopping Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Online Dengan Metode Systematic Literature Review. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1039–1042.
Muchlis, Wijayanto, G., & Komita, S. E. (2021). Pengaruh E-Satisfaction Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Word Of Mouth (E-Wom) Sebagai Variabel Intervening E-Commerce Buka Lapak Pada Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 18–29. Https://Doi.Org/10.25299/Kiat.2021.Vol32(1).7404
Mursid, M. (2019). Manajemen Pemasaran (1st Ed.). Bumi Aksara.
Mustaqor, A., & Winanto, S. (2022). Pengaruh Payment Gateway Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Etika Konsumsi Islam Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Produk Mukenah Dalanova, Widiping. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6413491
Nagayo, V. A., Utami, C. W., & Pujirahayu, Y. M. (2022). Pengaruh Promosi, Kemudahan Transaksi, Dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Pay Later Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7.
Ngongo, A., & Lena, S. V. V. (2024). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Tiktokshop. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 03(5), 603–610. Https://Bajangjournal.Com/Index.Php/Juremi/Article/View/7569/5882
Nitta, M. A., & Wardhani, N. I. K. (2022). Kepercayaan Dalam Memediasi Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal Of Management And Bussines (JOMB), 4(2), 1105–1120. Https://Doi.Org/10.31539/Jomb.V4i2.5046
Novianti, A., Irawan, F., & Harianto, A. (2020). Pengaruh Convenience, Ease Of Information Search, Transaction, Information Credibility, Price And Safety Terhadap Online Hotel Repurchase Intention Generasi Z Pada Online Travel Agent (Ota). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 77–85. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.14.2.77-85
Nurfalah, M. R., Pauzy, D. M., & Wibawa, G. R. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Pengalaman Berbelanja, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Minat Beli Online Pada Situs Jual Beli Shopee (Survei Pada Masyarakat Kota Tasikmalaya). Panengen: Journal Of Indigenous Knowledge, 2(1), 93.
Nurfauzan, M. P. (2021). Pengaruh Harga, Keamanan, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Padsa Mahasiswa Pengguna Halodoc Ditengah Konsdisi Pandemi COVID-19). 6.
Padilah, P., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Bauran Promosi, Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pengguna Dana Di Bandung. E-Proceeding Of Management, 7(2), 3710–3719.
Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Ekonomi Bisnis, 25(2), 94–109. Https://Doi.Org/10.33592/Jeb.V25i2.422
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2018). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran (9th Ed.). Salemba Empat.
Pramuditha, R., Hudayah, S., & Indriastuti, H. (2021). Pengaruh Service Quality, E-Trust Terhadap E-Satisfaction Dan E-Loyalty Konsumen. Sketsa Bisnis, 8(2), 123–134. Https://Doi.Org/10.35891/Jsb.V8i2.2632
Prasetyaningrum, I. D., & Rahmawati, N. I. (2023). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, ELECTRONIC WORD Of MOUTH, Dan CITRA MERK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SITUS E – COMMERCE LAZADA DI KOTA SEMARANG. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(1), 345–355. Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V10i1.46586
Putra, M., & Nurainun. (2021). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Dan Keamananan Pengguna Media Sosial Whatsapp Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Malikussaleh Di-Lhokseumawe. Jurnal Visioner Dan Strategis, 10(2), 41–47.
Riyadini, N. G., & Krisnawati, W. (2022). Content Marketing, Brand Awareness, and Online Customer Review on Housewives’ Purchase Intention on Shopee. Interdisciplinary Social Studies, 1(6), 733–741. https://doi.org/10.55324/iss.v1i6.149
Rosalina, S. S., & Ngantung, C. V. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Bts Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Minat Beli Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi. Vol 10, Issue 1.
Roz, K. (2020). Analisis Pengaruh Website Quality Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1). Https://Doi.Org/10.26905/Jmdk.V8i1.3782
Safira, N. N. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intention Pada Butik Dress Gallery Sun Plaza Medan. Https://Repositori.Uma.Ac.Id/Handle/123456789/21883%0Ahttps://Repositori.Uma.Ac.Id/Jspui/Bitstream/123456789/21883/1/198320226 - Nona Nurul Safira - Fulltext.Pdf
Sari, S. A. P., & Febriyanti, E. W. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Website Quality, Promotion Dan E-Trust Terhadap Repurchase Intentions Pada E-Commerce Shoppe Di Solo Raya. Seminar Teknologi, Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, Dan Komunitas, 3, 73–86. Https://Doi.Org/10.35912/Stabek.V3i.179
Sariyanti, N. P. Y., Kusuma, I. G. N. A. G. E. T., & Prayoga, I. M. S. (2022). Pengaruh Promosi Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada. Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli, 3(2020), 96–104.
Satriawan, L. P., & Saputra, A. (2023). Brand Image, Kreativitas Iklan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kaum Milenial Pengguna Shopee Di Kota Batam. Dynamic Management Journal, 7(1), 144. Https://Doi.Org/10.31000/Dmj.V7i1.7800
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (7th Ed.). Indeks.
Shalsabillah, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Promosi, Lokasi, Kualitas Bangunan Terhadap Minat Beli Pada Perumahan Annieland Cisoka Tangerang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 381–404. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i3.277
Sia, I. E. A., Yani, N. W. M. S. A., & Susanti, L. E. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Promosi Traveloka Terhadap Minat Beli Kamar Hotel Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(1), 232–247. Https://Doi.Org/10.22334/Paris.V2i1.297
Soleha, E., & Hidayah, Z. Z. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Minat Generasi Millenial Dalam Menggunakan Dompet Digital (Shopeepay). ARBITRASE: Journal Of Economics And Accounting, 3(2), 312–316. Https://Doi.Org/10.47065/Arbitrase.V3i2.505
Steven, J., Ramli, A. H., & Mariam, S. (2023). E-Service Quality, E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 267–278. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V11i2.1997
Suali, J. P. S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen Pada Produk Sabun Lifebuoy. Jurnal PROFITA: Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 7–21.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian (2nd Ed.). Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari (Ed.); 3rd Ed.). Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis (A. Cristian (Ed.); 1st Ed.). Andi Offset.
Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran (R. Sikumbang (Ed.); 2nd Ed.). Ghalia Indonesia.
Syachrony, M. I., Hamdan, H., & Ilhamalimy, R. R. (2023). The Effect Of E-Service Quality, Website Quality, Promotion, And E-Trust On Repurchase Intentions At E-Commerce Shopee In DKI Jakarta. BASKARA : Journal Of Business And Entrepreneurship, 5(2), 193. Https://Doi.Org/10.54268/Baskara.V5i2.14197
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V9i1.258
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd Ed.). Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian (1st Ed.). Andi Offset.
Tunggadewi, F. P., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Promosi Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Penggunaan Gopay. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 406–422. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i1.1603
Varian Sembada, I., Bustam, ;, & Hotimah, ; Enur. (2022). Pengaruh Promosi Dan Testimoni Terhadap Minat Beliproduk Lyfira Hijab Dimediasi Oleh Kepercayaan. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.37366/Ekomabis.V3i01.276
Wardani, S. K., & Hartoto, W. E. (2024). Pengaruh Kualitas Website, Variasi Produk, Dan Persepsi Harga, Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kabupaten Demak). Cemerlang : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.55606/Cemerlang.V4i1.2329
Zuhdi, D. A., & Yasya, W. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Pengalaman Pembelian Online Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 261–277. Https://Doi.Org/10.30596/Ji.V7i2.14761