PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP INTENSI KOMERSIALISASI PATEN INVENTOR DI UNIVERSITAS INDONESIA MELALUI PERAN TECHNOLOGY TRANSFER OFFICE
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.14640Keywords:
Motivasi, Pengetahuan, Peran TTO, Intensi Komersialisasi Paten.Abstract
Proses komersialisasi paten akademik dapat menghadapi berbagai kendala yang berasal dari beragam faktor, termasuk motivasi dan tingkat pengetahuan inventor. Selain itu, Technology Transfer Office (TTO) memiliki peran krusial dalam mengelola komersialisasi paten akademik dengan menjembatani hubungan antara akademisi dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan pengetahuan terhadap intensi inventor di Universitas Indonesia dalam mengomersialisasikan paten, dengan mempertimbangkan peran TTO sebagai variabel moderasi. Metode penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan pertanyaan tertutup dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi komersialisasi paten, dengan nilai original sample 0.368, t-statistics 3.618 dan p-value 0.000. Pengetahuan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi komersialisasi paten, dengan nilai original sample 0.437, t-statistics 3.384 dan p-value 0.000. Selain itu, peran TTO terbukti memoderasi positif (memperkuat) dan signifikan hubungan antara motivasi dan intensi komersialisasi paten dengan nilai original sample 0.238, t-statistics 2.925 dan p-value 0.002. Sedangkan, peran TTO terbukti memoderasi positif (memperkuat) tetapi tidak signifikan dalam hubungan antara pengetahuan dan intensi komersialisasi paten, dengan nilai original sample 0.027, t-statistics 0.298, dan p-value 0.383.
References
Ajabar, A., Abbas, D. S., Muafiq, F., Marentek, M. R., Mandey, N. H. J., Saputra, N., dkk. (2021). Reinventing human resources management: Creativity, innovation and dynamics [Internet]. Yogyakarta: Diandra Kreatif/Mirra Buana Media. Diakses dari
https://www.researchgate.net/publication/351155046_Manajemen_Motivasi_Kerja
Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior (Second edition) [Internet]. New York: Open University Press. Diakses dari
Agustini, F. (2019). Strategi manajemen sumber daya manusia [Internet]. Medan: UISU Press. Diakses dari
https://www.researchgate.net/publication/344202472_Strategi_Manajemen_Sumber_Daya_Manusia
Athreye, S., Sengupta, A., & Odetunde, O. J. (2023). Academic entrepreneurial engagement with weak institutional support: Roles of motivation, intention, and perceptions. Studies In Higher Education, 48(5), 683–694.
Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia. (2020). Roadmap riset dan inovasi Universitas Indonesia tahun 2020-2024 [Internet]. Diakses dari
Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2020). Modul kekayaan intelektual tingkat dasar bidang paten [Internet]. Diakses dari
Duval-Couetil, N., Epstein, A. D., & Huang-Saad, A. (2023). Factors influencing academic researchers’ motivation for technology commercialization and entrepreneurship: An overview of the literature. Annual Conference & Exposition Baltimore Convention Center, MD, 25-28 Juni 2023. American Society for Engineering Education.
European IP Helpdesk. (2021). Your guide to IP commercialisation [Internet]. Diakses dari
Firdaus, A., Haddar, G. A., Pujowati, Y., Raharimalala, S., & Bambang. (2023). The effect of motivation and entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest with entrepreneurship education as an intervening variable. PINISI Journal of Entrepreneurship Review, 1(3).
Fit Measures in SmartPLS. (2025). SmartPLS documentation [Internet]. Diakses dari https://www.smartpls.com/documentation/algorithms-and-techniques/model-fit
Gu, J. (2023). Commercialization of academic patents in Chinese universities: Antecedents and spatial spillovers. Heliyon, 9, e14601.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2025). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using R [Internet]. Diakses dari https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-030-80519-7
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varian, konsep dasar dan aplikasi program Smart PLS 3.2.8 dalam riset bisnis. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia.
Haryono, S. (2016). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Jawa Barat: Badan Penerbit PT. Intermedia Personalia Utama.
Hafidz. (2024). Posisi UI menuju entrepreneurial university [Internet]. Diakses dari https://www.ui.ac.id/posisi-ui-menuju-entrepreneurial-university/
Heng, L. H., Rasli, A. M., & Senin, A. A. (2012). Knowledge determinant in university commercialization: A case study of Malaysia Public University. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 40, 251–257.
Huszár, S., Prónay, S., & Buzás, N. (2016). Examining the differences between the motivations of traditional and entrepreneurial scientists. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 5(25).
Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 176. Sekretariat Negara. Jakarta.
Indonesia ranking in the Global Innovation Index 2024. (2025). WIPO [Internet]. Diakses dari https://www.wipo.int/gii-ranking/en/indonesia
Ismail, K., Majid, I. A., & Omar, W. Z. W. (2011). Commercialization of university patents: A case study. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 5(5).
Ismail, N., Aziz, N. A. A., & Hartono, A. (2021). Instrument development to review factors for research commercialization study in universities. SHS Web of Conferences, 124, 05002.
Kardoyo, H., Handoyo, S., Triyono, B., & Laksani, C. S. (2011). Kebijakan paten dalam mendorong aktivitas inovasi di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.
Khaeruman, M., Marnisah, L., Idrus, S., Irawati, L., Farradia, Y., Erwantiningsih, E., dkk. (2021). Meningkatkan kinerja manajemen sumber daya manusia konsep dan studi kasus [Internet]. Banten: CV. AA. Rizky.
Khademi, T., Ismail, K., Lee, C. T., & Shafaghat, A. (2015). Enhancing commercialization level of academic research outputs in research university. Journal of Teknologi, 74(4), 141-151.
Orazbayeva, B., Davey, T., Plewa, C., & Muros, V. G. (2019). Engagement of academics in education-driven university-business cooperation: A motivation-based perspective. Society for Research into Higher Education. Diakses dari https://doi.org/10.1080/03075079.2019.1582013
Probosari, N., & Siswanti, Y. (2017). Manajemen pengetahuan: Pendekatan konsep dan aplikasi riset [Internet]. Yogyakarta: Tim Media Mandala.
QS Top Universities. (2025). Universitas Indonesia ranking [Internet]. Diakses dari https://www.topuniversities.com/universities/universitas-indonesia
Rhamdani, N. (2011). Penyusunan alat pengukur berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 19(2), 55–69.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian [Internet]. Yogyakarta: KBM Indonesia.
Saputra, M. R. A., Chalid, F. I., & Budianto, H. (2023). Metode ilmiah dan penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan kepustakaan (bahan ajar madrasah riset). Jakarta: Nizamia Learning Center.
Tsauri, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia [Internet]. Jember: STAIN Jember Press.
Tseng, A. A., & Raudensky, M. (2014). Performance evaluations of Technology Transfer Offices of major U.S. research universities. Journal of Technology Management and Innovation, 9(1).
Universitas Indonesia. (2023). Laporan kinerja Universitas Indonesia 2023 [Internet]. Diakses dari
https://ppid.ui.ac.id/laporan-kinerja-universitas-indonesia/
Yasmon. (2023). Paten dalam angka. Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Masitoh, Wirabrata Wirabrata, Kosasih Kosasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.