PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE SOMETHINC
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i1.14496Keywords:
Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Persepsi Harga, Keputusan PembelianAbstract
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada pengguna produk skincare somethinc. Sumber data pada riset ini merupakan pengguna produk Somethinc. Dalam penelitian ini cara pengambilan data menggunakkan metode kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa jumlah kuesioner yang diberikan kepada pelanggan Somethinc sejumlah 120. Penelitian ini menggunakkan teknik analisis data deskriptif dan uji instrumen penelitian seperti uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji simultan, dan uji parsial sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa Social Media Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc, Celebrity Endorser berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan Persepsi Harga berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dari ketiga variabel independent tersebut, Social Media Marketing, Celebrity Endroser dan Persepsi Harga memiliki nilai yang mendominasi dibandingkan dengan Social Media Marketing.
References
Allo, K. T. S., Brasit, N., Hakim, H., & Mustafa, M. Y. (2023). Celebrity Endorsement on Purchase Decision: The Mediation Analysis of Women’s Price Perception. Asian Journal of Advanced Research and Reports, 17(11), 93–99. https://doi.org/10.9734/ajarr/2023/v17i11556
Diana Yunita Sari, Endang Tjahjaningsih, & Kristina Anindita Hayuningtias. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi Pada Konsumen Giant Bsb Semarang). 2018: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call for Papers , 677–683.
Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134
Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.
Karmila, & Sanjaya, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Scarlet Whitening di Kota Samarinda). Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 116–120.
Pradana, U. N. K. (2022). Pengaruh kualitas produk, brand ambassador, harga terhadap keputusan pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.
Putri, D. M., & Budiantara, M. (2023). Pengaruh Product Quality, Produk Price dan Social Media Marketing terhadap Purchase Decision Produk Scarlett Whitening. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.31605/mandar.v6i1.3321
Qalbi, B. N., Idris, A. A., & Haeruddin, M. I. W. (2024). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Platform Tiktok Shop ( Survei pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Angkatan 2020-2023 ). Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 406–417. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Inisiatif/article/view/2391
Rahayu, C. P., & Witjaksono, B. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Electronic word of mouth Terhadap Purchase decision Melalui Brand Awareness Pada Produk Kopi Kenangan. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 88–105. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i2.163
Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Homepage: Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/KNEMA/, 1177, 1–14. file:///C:/Users/acer/Downloads/Ira.pdf
Sanditya, R. (2019). Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online di Media Sosial Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 100–104. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4711
Sulistyawati, B. S., Istiqomah, F. N., Mustofa, H., Diski, K. M., Melati, N. V. S., & Rahadhini, M. D. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus Konsumen Wardah Cosmetics Surakarta. Jambura, 6(2), 770–778. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Zahidah, N. A., Hidayat, W., & Listyorini, S. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Konsumen Wardah di Toko Indah Kosmetik Kab. Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(2), 593–600. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/38323
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Letty Fajrin, Kristina Anindita Hayuningtias

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.