PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Heira House Tegal)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14443Keywords:
Social Media Marketing, Word of MouthAbstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya media sosial, telah mengubah cara konsumen mencari informasi dan membuat keputusan pembelian. Pemasaran melalui media sosial dan promosi dari mulut ke mulut merupakan dua aspek penting yang memengaruhi perilaku konsumen, terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Promosi dari Mulut ke Mulut terhadap keputusan pembelian di Heira House Tegal, sebuah kafe yang baru berdiri dan berupaya memanfaatkan kedua strategi pemasaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei, yang memungkinkan pengumpulan data dari 100 responden pengguna aktif media sosial yang merupakan pelanggan Heira House Tegal. Data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemasaran Media Sosial dan Promosi dari Mulut ke Mulut berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi di bawah 0,000. Uji F menunjukkan bahwa kedua variabel ini secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,855, yang berarti 85,5% variasi dalam keputusan pembelian disebabkan oleh kedua variabel independen tersebut. Temuan ini menegaskan pentingnya media sosial dan rekomendasi konsumen dalam membentuk preferensi pelanggan, terutama di industri kafe.
References
AIbduissaimaid, Z. (2021). Metode penelitiain kuiailitaitif. CV Syaikir Mediai Press.
AIji, AI. M. B., Firmainsyaih, AI., & Maicpail, S. J. (2024). AInailisis faiktor hairgai dain muitui dailaim kepuituisain pembeliain konsuimen terhaidaip sepedai motor listrik GESITS di Indonesiai. Juirnail EMT KITAI, 8(1), 386–395. https://doi.org/ 10.35870/emt.v8i1.2156
AIlmai, B. (2018). Mainaijemen pemaisairain dain pemaisairain jaisai. AIlfaibetai.
AImirai, N., & Nuirhaiyaiti, I. K. (2019). Effectiveness of Instaigraim sponsored ais aidvertising/promotion mediai (Stuidy of Tiket.com aidvertisement with EPIC model method). JCommsci - Jouirnail of Mediai aind Commuinicaition Science, 2(2). https://doi.org/10.29303/jcommsci.v2i2.53
AInnisaiwaiti, AI. AI., & Suiairsai, S. H. (2023). Pengairuih Elektronik Word of Mouith (E-WOM) aind braind imaige terhaidaip kepuituisain pembeliain konsuimen mileniail di Bainduing paidai erai paindemic Covid - 19. Juirnail Sekretairis & AIdministraisi Bisnis (JSAIB), 7(1), 9. https://doi.org/10.31104/jsaib.v7i1.247
AIriaidi, S., & Saiino. (2014). Pengairuih mediai sosiail Twitter terhaidaip loyailitais merek Indosait IM3. Juirnail Ilmui Mainaijemen, 2(4), 1380–1392.
AIriyuini, D., & Suihairdi, Y. (2020). Pengairuih persepsi hairgai, kuiailitais pelaiyainain dain word of mouith terhaidaip kepuituisain pembeliain (Stuidi paidai Stairbuicks Coffee Staisiuin Gaimbir). Juirnail STEI Ekonomi, 22(11), 1–19.
Baincin, J. B. (2021). Citrai merek dain word of mouith (Perainainnyai dailaim kepuituisain pembeliain mobil Nissain Graind Livinai). Jaikaid Mediai Puiblishing.
BPS Kaibuipaiten Tegail. (2024). Kaibuipaiten Tegail Dailaim AIngkai 2024. Baidain Puisait Staitistik Kaibuipaiten Tegail. https://tegailkaib.bps.go.id/id/puiblicaition/2024/ 02/28/cai4ai643277d6459aiee58c8cb/kaibuipaiten-tegail-dailaim-aingkai-2024.html
Caihyaini, P. D., UItaimi, N., & Lestairi, S. B. (2022). Pengairuih word of mouith, kesaidairain merek dain kuiailitais produik terhaidaip kepuituisain pembeliain. Juirnail Vailuiaisi: Juirnail Ilmiaih Ilmui Mainaijemen Dain Kewiraiuisaihaiain, 2(2), 851–866. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.114
Chaindrairin, G. (2018). Metode riset aikuintainsi pendekaitain kuiaintitaitif. Sailembai.
Dewi, N. M. P., Imbaiyaini, I. G. AI., & Ribek, P. K. (2021). Pengairuih sociail mediai mairketing terhaidaip kepuituisain pembeliain yaing dimediaisi e-word of mouith paidai Givaindai Store Denpaisair. EMAIS, 2(2).
Faihmi, F. (2019). Pengairuih Word of Mouith terhaidaip kepuituisain pembeliain paidai aiir minuim dailaim kemaisain Q-Jaimi’ (Produiksi CV Maisjid AIguing Jaimi’ Mailaing). UIniversitais Braiwijaiyai.
Fuiaidaih, L., & Maisruikhain, M. (2019). Pengairuih komuinikaisi efektif terhaidaip peningkaitain kinerjai pegaiwaii BNI Syairiaih Caibaing Tegail. Seraimbi AIkaidemicai: Juirnail Pendidikain, Saiins Dain Huimainiorai, 7(3), 358–364.
Gaiuitaimai, AI., Haifni, L., Saifairi SD, S., AIndri, G., & Ruisliwaiti, E. (2023). The effect of word of mouith, consuimer truist aind locaition on consuimer puirchaise decisions in traiding buisinesses in Pekainbairui. LUICRUIM: Juirnail Bisnis Teraipain, 3(1), 55–64.
Ghozaili, I. (2015). AIplikaisi ainailisis muiltivairiaite dengain prograim SPSS. Baidain Penerbit UIniversitais Diponegoro.
Ghozaili, I. (2018). AIplikaisi ainailisis muiltivairiaite dengain prograim IBM SPSS 25. Baidain Penerbit UIniversitais Diponegoro.
Hairdaini, AIuiliyai, N. H., AIndriaini, H., Fairdaini, R. AI., UIstiaiwaity, J., UItaimi, E. F., Suikmainai, D. J., & Istiqomaih, R. R. (2020). Metode penelitiain kuiailitaitif & kuiaintitaitif. CV. Puistaikai Ilmui.
Hidaiyaiti, F. N., & Priyono, B. (2024). Pengairuih sociail mediai mairketing, influiencer mairketing dain Word of Mouith (WOM) terhaidaip minait beli paidai UIMKM Sprouits Fairms. Jouirnail of Buisiness AIdministraition Economics & Entrepreneuirship, 6(1), 35–42.
Indaihingwaiti, AI., & Nuigroho, N. E. (2020). Mainaijemen Suimber Daiyai Mainuisiai (MSDM). PT Scopindo Mediai Puistaikai.
Joesyiainai, K. (2018). Pengairuih word of mouith terhaidaip kepuituisain pembeliain konsuimen paidai mediai online shop Shopee di Pekainbairui (Suirvey paidai maihaisiswai semester VII Juiruisain Pendidikain AIkuintainsi Faikuiltais Keguiruiain dain Ilmui Pendidikain UIniversitais Islaim Riaiui). Juirnail Vailuitai, 4(1), 71–85.
Kaitaidaitai Mediai Network. (2024). Daitai Pengguinai Sociail Mediai di Indonesiai. Daitaiboks.Kaitaidaitai.Co.Id. https://daitaiboks.kaitaidaitai.co.id/taigs/pengguinai-mediai-sosiail
Khaiiruinnisai, S. (2022). Pengairuih sosiail mediai mairketing Instaigraim, braind imaige, dain kuiailitais produik terhaidaip kepuituisain pembeliain paidai MS Glow (Stuidi kaisuis paidai konsuimen distribuitor MS Glow Painaikuikkaing di Kotai Maikaissair). CEMERLAING: Juirnail Mainaijemen Dain Ekonomi Bisnis, 2(4), 110–126. https://doi.org/10.55606/cemerlaing.v2i4.502
Khaitib, F. (2016). The impaict of sociail mediai chairaicteristics on puirchaise decision empiricail stuidy of Saiuidi cuistomers in AIseer Region. Internaitionail Jouirnail of Buisiness aind Sociail Science, 7(4), 41–50.
Kotler, P., & AIrmstrong, G. M. (2017). Prinsip pemaisairain. Peairson.
Kotler, P., Bowen, J. T., & Maikens, J. C. (2014). Mairketing for hospitaility aind touirism (6th ed.). Peairson Eduicaition.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Mairketing mainaigement (15th ed.). Peairson Eduicaition.
Kuirniaiwain, D. AI., & AIbidin, M. Z. (2018). Pengaintair pemaisairain Islaim: Konsep, etikai, straitegi dain implementaisi (AI. AI. Muisthofai (ed.)). Lembaigai Penerbitain UIniversitais Dairuissailaim Gontor.
Kuismainto, AI. (2021). Pengairuih kuiailitais laiyainain terhaidaip citrai sekolaih melailuii words of mouith dain kepuiaisain siswai sebaigaii vairiaibel mediaisi. STIE Baink BPD Jaiteng.
Luitfiai, S., Kaisno, & Luikiainai, N. (2021). Pengairuih gaiyai hiduip, braind imaige, dain sociail mediai mairketing terhaidaip kepuituisain pembeliain produik herbailife di Kecaimaitain Paisiriain (Stuidi kaisuis paidai AIicy Cluib, KS Cluib, dain Denai’s Cluib). Jobmain: Jouirnail of Orgainizaition aind Buisiness Mainaigement, 4(1), 105–110.
Maiidiainai. (2021). Penelitiain suirvey. AILAICRITY: Jouirnail of Eduicaition, 20–29. https://doi.org/10.52121/ailaicrity.v1i2.23
Mailaiui, H. (2018). Mainaijemen pemaisairain: Teori dain aiplikaisi pemaisairain erai traidisionail saimpaii erai modernisaisi globail (Cet. 2). AIlfaibetai.
Maiuilidiyaih, I. Z., & Haindoko, Z. (2024). Pengairuih influiencer mairketing, word-of-mouith mairketing, dain braind imaige terhaidaip loyailitais pelainggain. Bridging: Jouirnail of Islaimic Digitail Economics aind Mainaigement, 2(1), 56–63.
Morrisain, M. AI. (2017). Metode penelitiain suirvei. Kencainai.
Muitmaiinnaih, N. AI., & Solekaih, N. AI. (2023). The aiffect of word of mouith, service quiaility, aind locaition on decision to be ai cuistomer ait BMT Baibuissailaim Mojoaiguing Jombaing. Oikos: Juirnail Ekonomi Dain Pendidikain Ekonomi, 7(2), 589–598. https://doi.org/10.23969/oikos.v7i2.8285
Naisairuiddinai, Wonuiaib, AI. R., & Ismainto. (2023). The effect of sociail mediai mairketing aind online cuistomer review on puirchaise decisions in stuidents. Juirnail Ekonomi Mainaijemen, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.37058/jem.v9i1. 6712
Naisruillaih, R. (2016). Mediai sosiail perspektif komuinikaisi, buidaiyai, dain sosioteknologi. Simbiosai Rekaitaimai Mediai.
Nensiainai, K. AI., & Maiyaisairi, N. M. D. AI. (2023). Pengairuih mediai sosiail dain kuiailitais produik terhaidaip kepuituisain pembeliain paidai uisaihai Neainai Florist. Prospek: Juirnail Mainaijemen Dain Bisnis, 5(1), 95–102. https://doi.org/ 10.23887/pjmb.v5i1.59227
Nisrinai M. (2015). Bisnis online: Mainfaiait mediai sosiail dailaim meraiuip uiaing (Witiai (ed.)). Kobis.
Notoaitmodjo, S. (2018). Metodologi penelitiain kesehaitain. Rinekai Ciptai.
Perkaisai, D. H., Suihendair, I. AI., Raindyaintini, V., & AIndrini M, E. (2020). The effect of Electronic Word of Mouith (EWOM), produict quiaility aind price on puirchaise decisions. Dinaisti Internaitionail Jouirnail of Eduicaition Mainaigement aind Sociail Science, 1(5), 695–706. https://doi.org/10.31933/dijemss.v1i5.339
Pingki, E., & Ekaisaisi, S. R. (2023). Pengairuih sociail mediai mairketing, electronic word of mouith dain braind truist terhaidaip kepuituisain pembeliain produik kosmetik MSI. Caikraiwaingsai Bisnis: Juirnail Ilmiaih Maihaisiswai, 4(1), 115–128. https://doi.org/10.35917/cb.v4i1.415
Praikoso, C., & Buidiono. (2020). Pengairuih promosi mediai sosiail Instaigraim, store aitmosphere dain citai raisai produik terhaidaip kepuituisain pembeliain paidai Restorain AIyaim Geprek Juiairai di Raiwaimainguin. E-Proceeding of AIpplied Science, 6(2), 1334–1340.
Puitrai, B. AI. (2022). AInailisis relaisi kerjai dain sosiail mediai mairketing terhaidaip kepuituisain pembeliain buikui caitaitain haiti di Tainaih Suici dengain motivaisi sebaigaii vairiaibel intervening. SEIKO: Jouirnail of Mainaigement & Buisiness, 4(3), 558–565.
Puitrai, B. M., & Destiwaiti, R. (2020). Peneraipain straitegi word of mouith Mrd Produiction dailaim mendaipaitkain konsuimen. EProceedings of Mainaigement, 7(3), 7259–7267.
Raichmaiwaiti, K. D., & Paitrikhai, F. D. (2021). Pengairuih keraigaimain produik dain promosi terhaidaip kepuituisain pembeliain di Pesen Kopi Kotai Bojonegoro paidai maisai paindemi Covid-19. Juirnail Pendidikain Ekonomi: Juirnail Ilmiaih Ilmui Pendidikain, Ilmui Ekonomi, Dain Ilmui Sosiail, 15(2), 182–189.
Raihaiyui, C. P., & Witjaiksono, B. (2023). Pengairuih sociail mediai mairketing dain electronic word of mouith terhaidaip puirchaise decision melailuii braind aiwaireness paidai produik Kopi Kenaingain. Juirnail Bisnismain: Riset Bisnis Dain Mainaijemen, 5(2), 88–105. https://doi.org/10.52005/bisnismain.v5i2.163
Raihmaiwaiti, AI. R. (2021). Pengairuih sociail mediai mairketing dain word of mouith terhaidaip kepuituisain pembeliain konsuimen J.CO Donuits aind Coffee Kotai Saimairindai. Juirnail AIdministraisi Bisnis Fisipol UInmuil, 9(1), 17. https://doi.org/10.54144/jaidbis.v9i1.4686
Raingkuiti, F. (2015). AInailisis SWOT: Teknik membedaih kaisuis bisnis. Graimediai Puistaikai UItaimai.
Sainjaiyai, AI. S. (2021). Pengairuih dimensi sociail mediai mairketing terhaidaip minait beli climaitethirty. PERFORMAI, 5(4), 272–278. https://doi.org/10.37715/ jp.v5i4.1780
Sainty, R. D., & AIndriaini, R. (2023). Puirchaise decision in terms of content mairketing aind e-WOM on sociail mediai. Jouirnail of Eaistern Euiropeain aind Centrail AIsiain Reseairch (JEECAIR), 10(6), 921–928. https://doi.org/ 10.15549/jeecair.v10i6.1502
Silailaihi, R. Y. B. (2019). Pengairuih sociail mediai mairketing terhaidaip braind equiity (Stuidi kaisuis paidai SMK Permaitai Hairaipain). Juirsimai, 7(1), 18. https://doi.org/10.47024/js.v7i1.161
Silvi, AI. (2021). Pengairuih laibelisaisi hailail terhaidaip kepuituisain pembeliain kosmetik paidai maihaisiswi ekonomi syairiaih UIIN Suinain Guinuing Djaiti Bainduing. UIIN Suinain Guinuing Djaiti Bainduing.
Siswainto, H., & Maiskain, M. (2020). Pengairuih braind aiwaireness dain word of mouith terhaidaip kepuituisain pembeliain AIyaim Geprek paidai Preksui di Kotai Mailaing. Juirnail AIplikaisi Bisnis, 6(1), 93–96.
Suicitai, I. K. O., & Yuiliainthini, N. N. (2023). Pengairuih sociail mediai mairketing, word of mouith dain desaiin produik terhaidaip kepuituisain pembeliain konsuimen di Dainai Iswairai Duilaing. Prospek: Juirnail Mainaijemen Dain Bisnis, 5(1), 29–37.
Suidairmin. (2023). Pengairuih Word of Mouith dain citrai merek terhaidaip kepuituisain pembeliain produik MS Glow. SOLUISI: Juirnail Ilmiaih Bidaing Ilmui Ekonomi, 21(3), 310–316.
Suidairyono. (2019). Daisair-daisair evailuiaisi pembelaijairain. Graihai Ilmui.
Suigiyono. (2017). Metode penelitiain pendidikain: Pendekaitain kuiaintitaitif, kuiailitaitif, dain R dain D (Cetaikain 25). AIlfaibetai.
Suigiyono. (2018). Metode penelitiain bisnis, pendekaitain kuiaintitaitif, kuiailitaitiff, kombinaisi, dain R&D (Cover Laimai) (Cet. 2). AIlfaibetai.
Suigiyono. (2019). Metode penelitiain kuiaintitaitif kuiailitaitif dain R&D. AIlfaibetai.
Suihairyainto, & Raihmain, N. R. (2022). The effect of electronic word of mouith aind sociail mediai mairketing on the puirchaise decision of billionaiire’s project produicts throuigh produict quiaility. Internaitionail Jouirnail of Economics, Buisiness aind AIccouinting Reseairch (IJEBAIR), 6(1), 466–479.
Suijairweni, V. W. (2015). Metodologi penelitiain bisnis dain ekonomi. PT. Puistaikai Bairui.
Suikairdi, B. (2023). Taitai kelolai bisnis syairiaih & huibuingain kemainuisiaiain. Penerbit Puiblicai. https://doi.org/10.55216/puiblicai.196
Suiprainto, J. (2017). Penguikuirain tingkait kepuiaisain pelainggain. Rinekai Ciptai.
Syaihbaini, M. F., & Widodo, AI. (2017). Food Blogger Instaigraim: Promotion throuigh sociail mediai. Ecodemicai: Juirnail Ekonomi, Mainaijemen Dain Bisnis, 1(1).
Tjiptono, F., & Diainai, AI. (2020). Pemaisairain (1st ed.). AIndi.
Wiyainti, S., & Kuismainto, AI. (2024). Faiktor yaing mempengairuihi kepuituisain pembeliain konsuimen skincaire melaiuii E-Commerce paidai remaijai Muislim di Kaibuipaiten Brebes. MENAIWAIN: Juirnail Riset Dain Puiblikaisi Ilmui Ekonomi, 2(5), 294–309. https://doi.org/10.61132/menaiwain.v2i5.842
Zuilfikair, AI. R., & Mikhriaini. (2017). Pengairuih sociail mediai mairketing terhaidaip braind truist paidai followers Instaigraim Dompet Dhuiaifai Caibaing Yogyaikairtai. AIl-Idairaih: Juirnail Mainaijemen Dain AIdministraisi Islaim, 1(2), 279. https://doi.org/10.22373/ail-idairaih.v1i2.1663
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Pitroh Amalia, M. Masrukhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.