PENGARUH GREEN BRAND ADVERTISING DAN GREEN BRAND KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH GREEN BRAND ATTITUDE PADA KENDARAAN LISTRIK DI WILAYAH JABODETABEK

Authors

  • Yosua Sandro Sipahutar Universitas Trisakti
  • Asep Hermawan Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.14441

Keywords:

Green Brand Advertising, Green Brand Attitude, Green Brand Knowledge, Green Purchase Intention.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris sebagai berikut yaitu Menguji dan mendapatkan bukti empiris terkait pengaruh green brand advertising terhadap green brand attitude, Menguji dan mendapatkan bukti empiris terkait pengaruh green brand knowledge terhadap green brand attitude, Menguji dan mendapatkan bukti empiris terkait peran green brand attitude dalam memediasi pengaruh green brand advertising terhadap green purchase intention, Menguji dan mendapatkan bukti empiris terkait peran green brand attitude dalam memediasi pengaruh green brand knowledge terhadap green purchase intention, Menguji dan memperoleh bukti empiris terkait pengaruh green brand attitude berpengaruh terhadap green purchase intention.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilaksanakan dengan penyebaran kuesioner. Metode analisis yang dipergunakan ialah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak AMOS (Analysis of Moment Structure). Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini disimpulkan sebagai berikut Green brand advertising berpengaruh positif secara signifikan terhadap green brand attitude, Green brand knowledge berpengaruh positif secara signifikan terhadap green brand attitude, Green brand attitude memediasi pengaruh positif green brand advertising terhadap green purchase intention, Green brand attitude memediasi pengaruh positif green brand knowledge terhadap green purchase intention, Green brand attitude berpengaruh positif secara signifikan terhadap green purchase intention.

References

Ali, F., Ashfaq, M., Begum, S., & Ali, A. (2020). How “Green” Thinking and Altruism Translate into Purchasing Intentions for Electronics Products: The Intrinsic-Extrinsic Motivation Mechanism. Sustainable Production and Consumption.

Amallia, B. A., Effendi, M. I., & Ghofar, A. (2022). Pengaruh green advertising, green brand trust, dan sikap pada green product terhadap green purchase intention. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA).

Aziz, M., & Huda, M. E. (2019). Application opportunity of vehicles-to-grid in Indonesian electrical grid. Energy Procedia.

Baiquni, A. M., & Ishak, A. (2019). The green purchase intention of Tupperware products:the role of green brand positioning. Jurnal Siasat Bisnis, 23(1).

Fawehinmi, O., Yusliza, M. Y., Mohamad, Z., Noor Faezah, J., & Muhammad, Z. (2020). Assessing the green behaviour of academics: The role of green human resource management and environmental knowledge. International Journal of Manpower, 41(7), 879–900. https://doi.org/10.1108/IJM-07-2019-0347

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26.

Ghozali, I., & A, C. (2018). Teori Akuntansi. UNDIP.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed). London: Cengage Learning.

Khoiriyah, S., & Toro, M. J. (2018). Attitude toward green product, willingness to pay and intention to purchase. International Journal of Business and Society, 19(4).

Kotler, P. and Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kristiana, R., & Aqmala, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Kepedulian Lingkungan, Pengetahuan Produk dan Kesediaan Membayar Terhadap Minat Pembelian Produk Ramah Lingkungan Pada The Body Shop. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2).

Mohd Suki, N. (2016). Green product purchase intention: impact of green brands, attitude, and knowledge. British Food Journal. doi:10.1108/bfj-06-2016-0295 Moslehpour, M., Chau, K. Y., Du, L., Qiu, R., Lin, C. Y., & Batbayar, B. (2022). Predictors of green purchase intention toward eco-innovation and green products: Evidence from Taiwan. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 36(2). https://doi.org/10.1080/1331677X.2022.2121934 Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Regina, D., & Ulmi, N. (2023). Tantangan Pengembangan Mobil Listrik Menuju Transportasi Berkelanjutan di Indonesia [Challenges of Electric Car Development Towards Sustainable Transportation in Indonesia]. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 14. Doi 10.55511/jpsttd.v14i1.605.

Riptiono, S., & Yuntafi’ah, L. (2021). Attitude Toward Green Product Sebagai Pemediasi Antara Environmental Concern, Green Brand Knowledge Dan Green Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika.

Tan, L. P., Sadiq, M., Aldeehani, T. M., Ehsanullah, S., Mutira, P., & Vu, H. M. (2021). How COVID-19 induced panic on stock price and green finance markets: global economic recovery nexus from volatility dynamics. Environmental Science and Pollution Research, 1–14.

Veza, I., Abas, M. A., Djamari, D. W., Tamaldin, N., Endrasari, F., Budiman, B. A., Idris, M., Opia, A. C., Juangsa, F. B., & Aziz, M. (2022). Electric Vehicles in Malaysia and Indonesia: Opportunities and Challenges. 15(7). https://doi.org/10.3390/en15072564.

Wahyuningtias, L., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Green Brand Positioning Dan Green Brand Knowledge Terhadap Green Purchase Intention Melalui Sikap Pada Green Brand Sebagai Variabel Mediasi.

Downloads

Published

2025-04-28