PENGARUH INTERAKSI GURU-SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA SMA N 8 SEMARANG DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Egi Hendri Irawan STIKUBANK
  • Y. Suhari STIKUBANK

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14429

Keywords:

Learning Satisfaction, Interaction, Motivation, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel interaksi guru dan siswa (X1) serta motivasi belajar (X2) terhadap kepuasan belajar (Y2), dengan self-efficacy (Y1) sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan di SMA N 8 Semarang, dengan populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI dan XII. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh responden, yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Serangkaian uji statistik yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi, dan uji Sobel, yang diolah menggunakan SPSS versi 26.0. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa interaksi antara guru dan siswa serta motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap self-efficacy dan kepuasan belajar. Berdasarkan uji Sobel, ditemukan bahwa self-efficacy mampu menjadi mediator dalam hubungan antara interaksi guru-siswa dan motivasi belajar terhadap kepuasan belajar.

References

Alfonso, A. (2021). Motivasi belajar peserta didik jenjang pendidikan dasar daerah 3T kabupaten bengkayang di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 133–143. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3379

Andriani, D. G. (2023). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Self Efficacy Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 365–376. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Avipah, P. N. (2023). Self-Efficacy dan Hubungannya Terhadap Karakteristik Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 243–248. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/2265/1675

Az-zahra, I. R. F., & Fauziah, N. (2024). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Biologi. 2(2).

Baker, J. A. (1999). Teacher-student interaction in urban at-risk classrooms: Differential behavior, relationship quality, and student satisfaction with school. Elementary School Journal, 100(1), 57–70. https://doi.org/10.1086/461943

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy, The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company, New York.

Basompe, C. K., & Soetjiningsih, C. H. (2018). Pola Asuh Demokratis dan Motivasi Belajar Siswa SMA di Tentena Poso Pada Masa Pandemi Covid-19. Junal Cakrawala Ilmiah, 5(September), 188–194.

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa Pada Pembelejaran Fiqih di MAN Insan Cendekia. In NBER Working Papers. http://www.nber.org/papers/w16019

Chen, P., Bao, C., & Gao, Q. (2021). Proactive Personality and Academic Engagement: The Mediating Effects of Teacher-Student Relationships and Academic Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 12(June), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.652994

Cheng, X., Mo, W., & Duan, Y. (2023). Factors contributing to learning satisfaction with blended learning teaching mode among higher education students in China. Frontiers in Psychology, 14(June), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1193675

Chernis, C., & Goleman, D. (2001). The Emotionally Intelligent Workplace. Jossey Bass a Willey Company.

Collison, G., Elbaum, B., Havind, S., & Tinker, R. (2000). Facilitating online learning: Effective strategies for moderators.

Dahruji. (2017). Statistik (M. Afandi (ed.)). Duta Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Statistik/qfL3DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Dalimunthe, & Hajar, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Santri/Santriwati Pesantren Modern Usman Syarif. 5–18. http://hdl.handle.net/123456789/499

Dena Laksmi, P. P., Suniasih, N. W., & Ngurah Wiyasa, K. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 83–94. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410

Denok, L., & Probowulan, G. (2013). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kepuasan Mahasiswa Yang Mengikuti Metode Pembelajaran Student Centered Learning (Scl) Di Fakultas Keperwatan Unair.

Dewi, G. A. K. U. U., Widiana, I. W., & Dibia, K. I. (2016). Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDN 1 Nawa Kerti. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1—10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7404

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Efendi, R. (2013). Self Efficacy: Studi Indigenous pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, Vol. 2(No. 2), 61–67. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip/article/view/2595

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Gede, I. D., & Dwiyana, R. (2019). Peran Kepuasan Belajar dalam Mengukur Mutu Pembelajaran dan Hasil Belajar. 5, 22–31.

Gerungan, W. A. (2010). Psikologi Sosial. Refika Aditama.

Guarango, P. M. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dalam Blended Learning Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Pariwisata di Jakarta dengan Student Engagement Sebagai Variabel Intervening. Journal of Tourism and Education, 6(8.5.2017), 2003–2005.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Hardiyanti, Y. (2019). Supaya KBM Efektif, Interaksi Antara Guru dan Siswa Harus Tercipta. News.Schoolmedia.Id. https://news.schoolmedia.id/artikel/Supaya-KBM-Efektif-Interaksi-Antara-Guru-dan-Siswa-Harus-Tercipta-57

Ilmiah, J., Fkip, P., Mandiri, U., Cetak, I., & Online, I. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Interaksi Sosial Siswa. 09, 2510–2524.

Ilyas, Y. (2022). Hubungan Pola Asuh Authoritative dan Self Efficacy dengan Kepuasan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi.

Ilyas, Y., Nuraini, N., & Darmayanti, N. (2022). Hubungan Pola Asuh Authoritative dan Self-Efficacy dengan Kepuasan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2454–2464. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1094

Indriani, R. S. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Elementary, 5(2), 189. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9090

Jaya, D. P. C. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Self Efficacy Pada Remaja Awal. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1), 2455–2466. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/31603

Jederlund, U., & von Rosen, T. (2023). Teacher–student relationships and students’ self-efficacy beliefs. Rationale, validation and further potential of two instruments. Education Inquiry, 14(4), 529–553. https://doi.org/10.1080/20004508.2022.2073053

Ko, W.-H., & Chung, F.-M. (2014). Teaching Quality, Learning Satisfaction, and Academic Performance among Hospitality Students in Taiwan. World Journal of Education, 4(5). https://doi.org/10.5430/wje.v4n5p11

Li, L., & Yang, S. (2021). Exploring the Influence of Teacher-Student Interaction on University Students’ Self-Efficacy in the Flipped Classroom. Journal of Education and Learning, 10(2), 84. https://doi.org/10.5539/jel.v10n2p84

Lisdiani, L. U. L. U. (2022). Pengaruh Self Efficacy, Community of Inquiry, dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Online Mahasiswa Akuntansi di Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Penddikan, 11, No.1.

Mahmuda, S., Lubis, S. A., & Siregar, N. S. S. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1860–1867. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.963

Malang, U. N. (2022). Pengaruh Kualitas E-learning, Self Efficacy, dan Interaksi Terhadap Student Satisfaction Pada Pembelajaran Online di Sekolah Menengah Kejuruan. 12.

Mukaffie, L., Kurniawan, T., & Maulida, S. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kemampuan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar Siswa, dan Motivasi Belajar Siswa, Terhadap Kepuasan Siswa Melalui Mutu Pendidikan Sebagai Variabel Intervening di Yayasan Aldiana Kota Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Bisnis Alamatama, 2(1), 1–13.

Mukroni, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Ekonomi terhadap Kepuasan Siswa di SMA Negeri 2 Sentajo Raya. Pekbis Jurnal, 9(2), 140–150.

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442

Mulyono. (2018). Berprestasi melalui JFP. Deepublish.

Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic self-efficacy: Sebuah tinjauan literatur. Cognicia, 9(1), 36–39. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138

Ningsih, R. S., Dongoran, F. R., Muhamamdiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa. 40–49.

Nursakdiah, N., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 653–664. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1626

Partowisastro, R. (2003). Perbandingan konsep diri dan Interaksi Sosial anak-anak remaja WNI asli dengan keturunan Tionghoa. Laporan Penelitian Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Pendidikan, J., Siswa, B., Kelas, D. I., & Jakarta, X. S. M. K. (2024). Jurnal+Nur+29+Jan. 2(3), 171–188.

Pertiwi, M. A. (2021). Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Motivasi Belajar. Ilmu Tarbiyah Dan Kependidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1–138.

Pijar. (2021). 3 Jalur Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal. Pijarsekolah.Id.

Prianto, A. (2011). Pola Interaksi Guru-Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Siswa dalam Belajar. 40 N0.1.

Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan Guru Dan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa Sma Semesta Semarang. Jurnal EMPATI, 7(3), 867–880. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21740

Psikologi, F., & Potensi, U. (n.d.). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi. Kognisi Jurnal, 3(1), 41–50.

Rianatha, L., & Sawitri, D. R. (2015). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa Sman 9 Semarang. Jurnal EMPATI, 4(2), 209–213. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14918

Ridaningrum, G., Rochmad, & Mariani, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self- Efficacy pada Problem Based Learning Berbantuan Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 230–235.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download

Saputra, M. A., Heng, P. H., Iriani, F., & Dewi, R. (2023). Peran Self Efficacy Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pembelajaran Post Covid-19 dengan Motivasi Sebagai Moderator. 7(3), 531–539.

Sari, N. D. I., & Kurniawan, R. Y. (2021). PENGARUH INTERAKSI, KEHADIRAN PENGAJAR DAN KEHADIRAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 13 SURABAYA PADA MASA COVID-19 Nabila. 9, 133–144. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5117

Sher, A. (2009). Assessing the relationship of student-instructor and student-student interaction to student learning and satisfaction in Web-based Online Learning Environment. Journal of Interactive Online Learning, 8(2), 102–120.

Soekanto, S. (2009). Sosiologi. Rajawali Press.

Sopianti, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia.

Sudarjo, O. Y., & Sany. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pembelajaran Mahasiswa Selama Masa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Univeristas Kristen Petra. Business Accounting Review, 9(1), 208–219.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed., p. 330). Alfabeta. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Swarjana, I. . K. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. ANDI : Yogyakarta. https://www.google.co.id/books/edition/POPULASI_SAMPEL_TEKNIK_SAMPLING_BIAS_DAL/87J3EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=populasi&pg=PA6&printsec=frontcover

Than, W.W., Khaing, N. N. (2020). A meta-analysis on factors influencing student satisfaction in higher education. Journal of the Myanmar Academy of Arts and Science, 19(9B), 393–404. https://www.researchgate.net/publication/352441674

Tukiran, M. (2023). Total Quality Management Untuk Organisasi Pendidikan. PT Kanisius.

Turley, C., & Graham, C. R. (2019). Interaction, student satisfaction, and teacher time investment in online high school courses. Journal of Online Learning Research, 5(2), 169–198.

ViWu, J., Hughes, J. N., & Kwok, O. (2010). Teacher-student relationship quality type in elemen- tary grades: Effects on trajectories for achievement and engagement. Journal of School Psychology, 5.

Widya, K. S., & Muwakhidah. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 1 Waru di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 2(2), 68–76. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/122

Wong, W. H., & Chapman, E. (2023). Student satisfaction and interaction in higher education. Higher Education, 85(5), 957–978. https://doi.org/10.1007/s10734-022-00874-0

Downloads

Published

2025-05-08