ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS SATUAN RUMAH SUSUN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA PT SARANANEKA INDAHPANCAR (SUB HOLDING 3 CIPUTRA GROUP)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.14391Abstract
Rumah dianggap sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan, sebagai sebuah tempat berlindung. Perusahan yang bergerak di bidang industri perumahan harus dapat mengembangkan rencana dan strategi untuk mempromosikan produk dan meningkatkan volume penjualan. Hal inilah yang kemudian menjadi tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengetahui tentang bagaimana strategi pemasaran pada bisnis perumahan untuk meningkatkan volume penjualan di PT Sarananeka Indahpancar yang merupakan anak perusahaan Sub Holding 3 Ciputra Group beserta faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman pemasaran perumahan pada Sub Holding 3 Ciputra Group. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Semantara itu, pengumpulan datanya akan dilakukan dengan cara wawancara dan penggunaan dokumentasi yang dimiliki oleh pihak PT Sarananeka Indahpancar. Analisis data yang diperoleh akan mengacu pada teknik analisis kualittaif dengan mengacu pandangan Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data..Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Saraneka Indahpancar termasuk pemasaran digital, lokasi strategis, promosi bundling dan pembayaran, target pasar menengah ke atas dalam kelompok usia generasi milenial dan Z, serta produk hunian dengan kualitas yang premium. Analisa dengan menggunakan matriks SWOT kemudian mengungkapkan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dari strategi yang ada, yang pada gilirannya menyediakan beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan, diantaranya perluasan segmen pasar, pangsa pasar, layanan pasca penjualan, pemasaran digital, penyediaan produk baru, peningkatan kualitas produk, penyesuaian harga produk, pemilihan lokasi yang memadai, dan kerjasama dengan pemerintah.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ayub, A., Razzaq, A., Aslam, M. S., & Iftekhar, H. (2013). A conceptual framework on evaluating SWOT analysis as the mediator in strategic marketing planning through marketing intelligence. European Journal of Business and Social Sciences, 2(1), 91-98.
Baker, M., & Hart, S. (2008). The marketing book, sixth edition. Oxford: Routledge.
Bayu. (2022, April 27). Strategi Ciputra untuk Mempertahankan Bisnis Properti Saat Pandemi. Retrieved from Fortune Media: https://www.fortuneidn.com/business/bayu/strategi-ciputra-untuk-mempertahankan-bisnis-properti-saat-pandemi
Ciputra Development. (2021, Okt). Struktur Organisasi dan Perusahaan. Retrieved Jun 8, 2024, from https://ciputradevelopment.com/wp-content/uploads/2021/07/Struktur-Organisasi-Perusahaan-per-31-Desember-2020.pdf
ciputra.com. (2020, May 18). CITRA MENGGENCARKAN STRATEGI PEMASARAN DARING. Retrieved Aug 22, 2024, from https://www.ciputra.com/id/ctra-menggencarkan-strategi-pemasaran-daring/
Galib, M. (2017). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUMAHAN DI MAKASSAR (Studi Kasus PT Indah Bumi Bosowa). AkMen JURNAL ILMIAH, 14(1), 171-184.
Haque-Fawzi, M. G., & dkk. (2022). STRATEGI PEMASARAN: Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73-85.
Jamilah. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perumahan Mahkota Ridilla Pada Pt. Ridho Utama. Universitas Islam Kalimantan MAB.
Kasmir. (2010). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khodijah, S., & et.al. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Perumahan Grand Wisata (Studi Pada Perusahaan PT. Sinar Mas). JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 3(1), 29-35.
Kholik, A., & Rahmi, D. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Makanan dan Minuman di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 133-142.
Komari, A., Indrasari, L. D., Tripariyanto, A. Y., & Rahayuningsih, S. (2020). Analysis of SWOT marketing strategies and 7P influence on purchasing decision. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1569, No. 3) (p. 032002). IOP Publishing.
Lesmana, R. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan Di Green River City Bekasi (Studi Kasus di PT. Artha Bangun Pratama), oleh. INOVASI Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(2), 40-59.
Mishra, S. P., & Mohanty, B. (2022). Approaches to strategy formulations: A content analysis of definitions of strategy. Journal of management & organization, 28(6), 1133-1160.
Nuraeni, R., Mulyati, S., & Putri, T. E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi persistensi laba (studi kasus pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2013-2015). ACCRUALS (Accounting Research Journal of Sutaatmadja), 2(1), 82-112.
Phativanich, M. P., & Choompolsathien, A. (2020). Marketing Plan & Strategy for International Exporting (USA) (No. 304721). Thammasat University. Faculty of Journalism and Mass Communication.
Pasaribu, P. A. (2022). Strategi Pemasaran Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Perumahan Griya Bukit Asri pada PT. Mandiri Karya Properti. Padangsidimpuan: UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary.
Powers, T. L., & Loyka, J. J. (2010). Adaptation of marketing mix elements in international markets. Journal of global marketing 23.1 , 65-79.
PT Ciputra Development Tbk . (2022). Mengoptimalkan Kemampuan Digital, Memaksimalkan Momentum Pertumbuhan. PT Ciputra Development Tbk .
PT Ciputra Development Tbk. (2021). Transform and Sustain: Laporan Tahunan 2021. PT Ciputra Development Tbk.
Putra, I. R. (2024, Apr 26). Angka Kebutuhan Rumah di Indonesia Capai 12,7 Juta. Retrieved Jun 8, 2024, from https://www.merdeka.com/uang/angka-kebutuhan-rumah-di-indonesia-capai-127-juta-pengembang-beri-solusinya-118529-mvk.html
Rahadi, R., Wiryono, S., Nainggolan, Y., Afgani, K., Yaman, R., Azmi, A., et al. (2022). Determining the factors influencing residential property price: A comparative study between Indonesia and Malaysia. Decision Science Letters, 11(4), 485-496.
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 11(1), 49-61.
Rully. (2014). MERENCANAKAN DAN MERANCANG RUMAH TINGGAL YANG OPTIMAL. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur.
Satito, B. P. (2022, April 27). Strategi Ciputra untuk Mempertahankan Bisnis Properti Saat Pandemi. Retrieved from https://www.fortuneidn.com: https://www.fortuneidn.com/business/bayu/strategi-ciputra-untuk-mempertahankan-bisnis-properti-saat-pandemi
Saputra, F. T., & Oktaviani, D. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt. Ciputra Residence Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 7(1), 15-28.
Siagian, Sondang P. (2005). Manajemen Stratejik, Cetakan 6. Jakarta: Bumi Aksara.
Singh, M. (2012). Marketing mix of 4P’s for competitive advantage. IOSR Journal of Business and Management 3.6 , 40-45.
Situmorang, Syafrizal Helmi. (2011). Bisnis Konsep dan Kasus. Medan: USU Press.
Sofjan, A. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, A. (2023). STRATEGI PEMASARAN. Kabupaten Bandung: Penerbit Widina Media Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anathasia Gracia Gerrits, Damelina Basauli Tambunan, Tommy Christian Efrata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.