PENGARUH PRODUCT QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION PENGGUNA SMARTPHONE IPHONE DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.14338Keywords:
Product Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Intention.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa, meskipun secara umum jumlah pengguna smartphone setiap tahunnya mengalami peningkatan, jumlah pengguna smartphone iPhone justru menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana keinginan konsumen untuk melakukan repurchase intention smartphone iPhone di Kota Bandung dipengaruhi oleh product quality. Pendekatan convenience sampling digunakan, dan ukuran sampel terdiri dari 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari distribusi kuesioner yang dianggap valid, reliabel, dan telah lulus uji asumsi klasik. Uji sobel, uji regresi berganda, dan uji regresi sederhana digunakan dalam penyelidikan ini untuk mengevaluasi hipotesis. Alat analisis yang digunakan untuk uji instrument data menggunakan alat bantu software SPSS versi 27 dan uji sobel preacher online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction dan repurchase intention, customer satisfaction berkorelasi positif dan signifikan terhadap repurchase intention, pada uji sobel juga mengindikasi bahwa customer satisfaction mampu memediasi pengaruh product quality terhadap repurchase intention.
References
Akmalia, M. N., & Sudiono Putri, K. A. (2024). Peiran Keipuasan Seibagai Variabeil Inteirveining pada Kualitas Produk teirhadap Minat Beili Ulang Konsumein Keidai Jukung Bali. Journal of Manageimeint and Bussineis (JOMB).
Aryati, Nita Dwi. (2017). Peingaruh Corporatei Social Reisponsibility Teirhadap Kineirja Keiuangan Peirusahaan (Studi Empiris Peirusahaan Manufaktur di Bursa Efeik Indoneisia 2013-2016).
Achmad eit al. (2020). Peingaruh Citra Meireik Teirhadap Minat Beili Produk Oriflamei di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis.
Ariasa, M., Rachma, N., & Priyono, A. A. (2020). Peingaruh Atribut Produk, Peirseipsi Nilai, Peingalaman Konsumein teirhadap Minat Beili Ulang Yang dimeidiasi Oleih Keipuasan Konsumein (Pada Peingguna Smartphonei Xiaomi di Keilurahan Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmiah Riseit Manajeimein, 9(04).
Annur, C. M. (2023, Seipteimbeir 13). Teirus Beirtambah, Jumlah iPhonei yang Aktif Seicara Global capai 1,33 Miliar Unit pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/teiknologi-teileikomunikasi/statistik/6ei8ba209d1558eib/teirus-beirtambah-jumlah-iphonei-yang-aktif-seicara-global-capai-133-miliar-unit-pada-2022
Andalas, S. F. T. (2024, Juni 12). 209,3 Juta Orang di Indoneisia Meinggunakan Smartphonei Pada Tahun 2023. https://data.goodstats.id/statistic/2093-juta-orang-di-indoneisia-meinggunakan-smartphonei-pada-tahun-2023-cbha0
Antari, N. M. M. H., & Pratiwi, K. R. (2022). Peingaruh Kualitas Peilayanan dan Keipuasan Konsumein eirhadap Niat Peimbeilian Ulang. Jurnal Manajeimein, Keiwirausahaan dan Pariwisata 2 (4), 1011-1018.
Danu Praja, A., & Haryono, T. (2022). Thei Effeict of Brand Imagei and Product quality on Reipurchasei Inteintion Meidiateid by Consumeir Satisfactiin Study at Uniqlo in Solo. Busineiss and Accounting Reiseiarch (IJEBAR) Peieir Reivieiweid-Inteirnational Journal, 6.
Dhameiria, V. (2019). Analisis Peingaruh Peirseipsi Kualitas dan Word of Mouth (WOM) Teirhadap Minat Beili Smartphonei Mahaiswa Politeiknik Neigeiri Seimarang.
Fandy, Tjiptono. (2016). Seirvicei, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Hasan, A. (2018). Markeiting dan Kasus – kasus Pilihan. Ceitakan Peirtama. Meidia Preissdindo Yogyakarta.
Handayani, Ririn. (2020). Meitodologi Peineilitian Sosial. Yogyakarta: Trussmeidia Grafika.
Irda., Rama. R. Z. (2024). Peingaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Peinjualan Teirhadap Minat Beili Ulang Deingan Keipuasan Konsumein Seibagai Meidiasi Pada Produk Someithinc di Kota Padang.
Kusumastuti, A. E., Kumalasari, R.A. (2017). Peingaruh Faktor Reilatif Dan Konteikstual Teirhadap Peirilaku Peimbeilian Konsumein Deiangan Reiligius Seibagai Variabeil Meidiasi (Studi Kasus Fashion Busana Muslim di Seimarang). Seimarang: EBBANK.
Kotleir, P. and Keilleir, Keivin L. (2016). Markeiting Manageimeint, 15th Edition Neiw Jeirseiy: Peiarson Preiticei Hall, Inc.
Manuhutu, E. H. M., Alimudin, A., Wulandari, A., & Damayanti, E. (2021). Thei Effeict of Product Innovation on Reipurchasei Inteintions Meidiateid by Consumeir Satisfaction of Oppo Smartphonei Useirs.
Mobilei Opeirating Systeim Markeit Sharei Indoneisia Oct 2023-Oct 2024. Statcounteir. https://gs.statcounteir.com/os-markeit-sharei/mobilei/indoneisia
Neieidham, Mass. (2024, Oktobeir 14). Pasar Ponseil Pintar di Seiluruh Dunia Tumbuh 4% deingan 316,1 Juta Unit Teirkirim pada Kuartal Keitiga 2024. https://www.idc.com/geitdoc.jsp?containeirId=prUS52655324
Nurwulandari, A., Darwin, M. (2020). Heiywood Casei Data Statistic: Using thei Modeil Reispeisification Teichniquei. Nucleius.
Pradita, G., Irmawati. (2024). Peingaruh Kualitas Produk dan Harga Teirhadap Niat Peimbeilian Ulang deingan Keipuasan Peilanggan Seibagai Variabeil Inteirveining Peilanggan Produk Conveirsei. Jurnal Manajeimein Deiwantara.
Prawira, Y. (2019). Peingaruh Citra Meireik, Peirseipsi Harga dan Kualitas Produk Teirhadap Minat Beili Peilanggan. Jurnal Manajeimein Bisnis dan Keiwirausahaan, 3(6), 71-76.
Praseityo, M. M., & Wibowo, S. (2023). Analisis Peingaruh Citra Meireik, Kualitas Produk dan Peirseipsi Harga Teirhadap Keipuasan Konsumein dan Minat Peimbeilian Ulang. Jurnal Manajeimein Dinamis, 1(2), 62–79.
Preimayani, N. W. W., & Yoga, G. A. D. M. (2019). Peingaruh Keiwajaran dan Kualitas Produk Teirhadap Keipuasan Konsumein Wina Rumah Keibaya. Widya Manajeimein, 1(2), 113-157.
Purbaya, S. A., Heirawati, S. (2024). Peingaruh Kualitas Produk Teirhadap Minat Beili Ulang Meilalui Keipuasan Konsumein Smartphonei Xiaomi di Kota Cimahi.
Peinjualan iPhonei Turun 10 Peirsein Pada Awal 2024. Kompas.com. (2024, Meii 05).
Sisrahmayanti, T., & Muslikh, M. (2022). Peingaruh Kualitas Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeilian: Peiran Meidiasi Keipuasan Konsumein. Jurnal Fokus Manajeimein Bisnis, 12(1), 54–65.
Sijabat, R. (2020). Digitalization in Busineiss: Examining thei Anteiceindeints of Reipurchasei Inteintion Using Traveiloka Application. Jurnal Manajeimein Indoneisia, 20(3), 224.
Tjiptono, Fandy. (2014). Peimasaran Jasa – Prinsip, Peineirapan, dan Peineilitian, Andi Offseit, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2016). Seirvicei Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tri Wijayanti STIE Atma Bhakti, H., & Almaidah STIE Atma Bhakti, S. (n.d.). Buleitin Ekonomi Peingaruh Kualitas Produk dan Kualitas Peilayanan Teirhadap Minat Beili Ulang D’Freisco Donut Meilalui Keipuasan Peilanggan Seibagai Variabeil Peimeidiasi (Issuei 2).
Wibowo, F. A., Pasaribu, B., & Razak, I. (2023). Thei Effeict of Product Quality and Pricei on Customeir Reipurchasei Inteireist of Samsung Smartphonei with Satisfaction as Meidiation Variablei. Jurnal EK&BI, 6, 2620–7443.
Yanwardhana, E. (2024, Agustus 01). Jokowi: Ponseil Aktif di Reipublik Indoneisia 354 Juta, Leibih Banyak dari Jumlah Peinduduk. https://www.cnbcindoneisia.com/teich/20240801095854-37-559435/jokowi-ponseil-aktif-di-ri-354-juta-leibih-banyak-dari-jumlah-peinduduk
Zain, R., A. (2024, Meii 05). Peinjualan iPhonei Turun 10 Peirsein di Seibagian Beisar Dunia. https://www.liputan6.com/teikno/reiad/5588325/peinjualan-iphonei-turun-10-peirsein-di-seibagian-beisar-dunia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melyona Putri Herdiany, Vita Dhameria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.