STRATEGI PENINGKATAN SEGMENTASI PASAR DIGITAL BERBASIS WEB BATIK ALPUKAT UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI

Authors

  • Donni Pestalozi Universitas PGRI Silampari
  • Ratih Eka Sakti Universitas PGRI Silampari
  • Sesti Maydita Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.13719

Keywords:

Segmentasi, Pasar Digital, Batik

Abstract

UMKM Batik Alpukat Universitas PGRI Silampari di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan memiliki sistem penjualan dan pemasaran yang masih dilakukan secara manual. Hal ini berdampak kepada hasil penjualan yang belum optimal serta menyebabkan belum meluasnya pangsa pangsar sehingga upaya dalam mengoptimalkan perkembangan usaha masih belum optimal. Di sisi lain, potensi UMKM Batik Alpukat sangat baik karena memiliki potensi untuk dinikmati oleh pembeli baik didalam negeri maupun diluar negeri. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk membuat dan memanfaatkan teknologi dengan e-commmerce berbasis website untuk pemasaran Batik Alpukat Universitas PGRI Silampari, dimana dalam aplikasi tersebut memiliki tampilan foto produk, harga produk, detail produk, pesanan produk serta testimoni produk. Selain itu, pemasaran batik alpukat berbasis web memberikan efek penggunaan pada UMKM yaitu penjualan mengalami peningkatan yang signifikan karena promosi penjualan yang semakin luas, meningkatan pendapatan penjualan serta meningkatan kemampuan dan pengetahuan dibidang teknologi informasi.

References

Abi Prawira Siregar (2020). Upaya pengembangan Industri Batik di Indonesia. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Vol. 37 No. 1, Juni 2020, Hal. 79-92

Ancok, Djamaludin. 2022. Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Penerbit Erlangga. Hal 34.

Bambang, Hariadi. 2020. Strategi Manajemen. Malang: Bayu Media

Jauch, Lwrence R. dan Willian F. Glueck. 2019. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Alih Bahasa : Muraddan AR. Henry Sitanggang. Jakarta : Erlangga.

Kurniasih, R. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Batik Tulis Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(01), 1–12.

Maghfiroh, Q., (2020). Bentuk Batik Tulis Lasem Motif Krecak di Perusahaan Batik Tulis

Lasem Sekar Kencana. Jurnal Desain, 8(1), 61–75.

Muluk, Khairu. 2018. Knowledge Management. Malang: Bayumedia Publishing. Hal 43.

Muhammad Husni Mubarok, Pengantar Bisnis, Nora Media Enterprise, Kudus, 2020, hal. 111.

Nabila Disarifianti (2021). Studi Pengembangan Desain Motif Batik Tulis Lasem Rembang,

Prosiding Seminar Nasional Design Komunikasi Visual PP 1425

Nembah F. hartimbul Ginting, Manajemen Pemasaran, Yrama Widya, Bandung, 2021, hal. 293

Nurainun, Heriyana, & Rasyimah. (2018). Analisis Industri Batik di Indonesia. Fokus Ekonomi, 7(3), 124–135.

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2018, hal. 58.

Ratih Eka Sakti, Fatma Oktarendah, Endar Pradesa (2024). Strategi Pengembangan Batik Alpukat Universitas PGRI Silampari sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. IPM2KPE, Journal of Management and Bussines (JOMB) 6 (3) 1345-1355

Sistaningrum, 2020, “Manajemen Penjualan Produk”, penerbit kanisius Yogyakarta

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabheta (ed.)). Jakarta.

Wulandari, A. (2020). Batik Nusantara Makna Filosofis, Cara Pembuatan, dan Industri Batik. Andi OFFSET.

Downloads

Published

2025-04-15