USULAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERPADU UNTUK MENINGKATKAN INTENSI PEMBELI PADA AGEN PERJALANAN: STUDI KASUS GRANADA TOUR

Authors

  • Astie Kurniati Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.13430

Keywords:

Konten Sosial Media, Intensi Pembelian, Motivasi Agen Perjalanan Umrah

Abstract

Penelitian ini mengkaji lanskap penyelenggaraan Umrah yang terjadi saat ini, yang cukup kompetitif, terutama di Jakarta. Sejak tahun 2022 hingga September 2024, pertumbuhan dari PPIU aktif sebesar 102,47% (Kementrian Agama, 2024). Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk meningkatkan intensi pembelian dari Paket Umrah dari Granada Tour meskipun persaingan di industri tersebut sangat tinggi. Untuk mengeksplorasi dengan menggunakan metode kuantitif sebagai pendekataan utama,penelitian ini juga mengeksplorasi apa yang menjadi motif orang-orang untuk melaksanakan Umrah serta preferensi mereka terhadap bauran pemasaran terkait Umrah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memeberikan masukan terhadap tim internal Granada Tour untuk mendorong pertumbuhan yang lebih tinggi dan juga menjadi pedoman untuk Agen Perjalanan Umrah lainnya. Rincian pertanyaan dari penelitian ini serta tujuannya disajikan pada bagian selanjutnya.

References

Aeni, D. S. (2022). ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ‎ ‎(INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION) ‎ UMRAH AL BAHJAH TOUR & TRAVEL CIREBON. INKLUSIF : Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi Dan Hukum Islam, 7. https://doi.org/10.24235/inklusif.v7i1.9402

Armawan, I. (2022). Analysis of Effect on the Social Media Marketing and EWom on Purchase Intention of Black Sweet Coffee Shop. Business Management. https://doi.org/10.22219/mb.v12i02.22499

Dewi, I. G. A. A. O. (2021). UNDERSTANDING DATA COLLECTION METHODS IN QUALITATIVE RESEARCH: THE PERSPECTIVE OF INTERPRETIVE ACCOUNTING RESEARCH. https://doi.org/10.38142/jtep.v1i1.105

Hawari, H. (2023). PPIU Meningkat, Kemenag Lakukan Pengawasan Ketat. detikhikmah. https://www.detik.com/hikmah/haji-dan-umrah/d-6908526/ppiu-meningkat-kemenag-lakukan-pengawasan-ketat

Hidayat, A. M., & Qastharin, A. R. (2022). The Effect of Post Content Type on Online Engagement. International Journal ofBusiness and Technology Management. https://doi.org/10.55057/ijbtm.2022.4.3.10

Komalasari, F., Christianto, A., & Ganiarto, E. (2021). Factors Influencing Purchase Intention in Affecting Purchase Decision: A Study of E-commerce Customer in Greater Jakarta. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi. https://doi.org/10.20476/jbb.v28i1.1290

Majeed, M., Owusu-Ansah, M., & Ashmond, A.-A. (2021). The influence of social media on purchase intention: The mediating role of brand equity. Cogent Business & Management, 8(1), 1944008. https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1944008

Ministry of Religious Affairs. (2024). SIMPU - Ministry of Religious Affairs. https://simpu.kemenag.go.id/

Mocănașu, D. R. (2020). DETERMINING THE SAMPLE SIZE IN QUALITATIVE RESEARCH. International Multidisciplinary Scientific Conference on the Dialogue between Sciences & Arts, Religion & Education. https://doi.org/10.26520/mcdsare.2020.4.181-187

Moslehpour, M., Purba, B. I., Ismail, T., & Lin, P.-K. (2020). The Effects of Social Media Marketing, Trust, and Brand Image on Consumers’ Purchase Intention of GO-JEK in Indonesia. Association for Computing Machinery. https://doi.org/10.1145/3387263.3387282

Muharam, I. N. (2024, June 14). Reciprocal tourism can compensate for haj and umrah money outflows. The Jakarta Post. https://www.thejakartapost.com/opinion/2024/06/14/reciprocal-tourism-can-compensate-for-haj-and-umrah-money-outflows.html

Rosinu, T. Z. (2023). USULAN STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT MEDIA SOSIAL DAN PURCHASE DECISION PADA TOKO BARANG KPOP FANMADE LOKAL (STUDI KASUS: MY LITTLE KPOP STUFF). https://digilib.itb.ac.id/gdl/view/77207/thalia?rows=23&per_page=19

Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwia, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters. https://www.growingscience.com/msl/Vol10/msl_2020_73.pdf

Shahbaznezhad, H., Dolan, R., & Rashidirad, M. (2020). The Role of Social Media Content Format and Platform in Users’ Engagement Behavior. Journal of Interactive Marketing. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.05.001

Shahbaznezhad, H., Dolan, R., & Rashidirad, M. (2021). The Role of Social Media Content Format and Platform in Users’ Engagement Behavior. Journal of Interactive Marketing, 53(1), 47–65. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.05.001

Yoong, L. C., & Lian, S. B. (2019). Customer Engagement in Social Media and Purchase Intentions in the Hotel Industry. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i1/5363

Downloads

Published

2025-04-11